Prototipe Sistem Kontrol PH Air Berbasis Mikrokontroler Arduino dengan Visualisasi Visual Basic pada Final Waste Water Treatment

  • Maulani Kapiudin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Tenang Sembiring Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hilman Najmi Aulia Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Limbah cairan terkontaminasi hasil dari proses manufakturing  harus diolah dan di kontrol kandungan pH-nya. Parameter yang digunakan adalah derajat keasaman dan kebasaan dari sebuah limbah cairan terkontaminasi tersebut, Pengolahan cairan terkontaminasi dilakukan dengan cara mencampurkan cairan terkontaminasi dengan cairan kimia menjadi air bersih yang memenuhi standar baku mutu air bersih. Sistem kontrol pH air berbasis mikrokontroler ini menjadi sebuah alat pengontrol yang bertujuan untuk melakukan pengambilan sample yang dapat direkam secara otomatis. Sistem kontrol pH air ini menggunakan mikrokontroler Arduino dengan visualisasi menggunakan perangkat visual basic. Proses monitoring dari kandungan pH meter ini akan ditampilkan secara periodik berdasarkan sampel dengan waktu yang telah ditentukan. Hasil pengujian menunjukan bahwa alat sistem kontrol pH air dengan basis Mikrokonbtroler Arduino dengan visualisasi visual basic ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil pengukuran pH air yang akurat, dan dengan mudah memonitoring serta mengatur hasil dari pencampuran cairan terkontaminasi dengan cairan kimia menjadi air bersih yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan (pH normal 5-6).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2014). Peraturan Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 2014,” Tentang Baku Mutu Air Limbah.”, Jakarta.
Kharisma, R.S. dan Setiyansah, A., (2017), Pembuatan Sistem Pendeteksi pH Air Menggunakan Atmega8”, Jurnal DASI, Universitas AMICOM Yogyakarta.
Novitasari, D. A. A., dan Nirmala, D. T. I. Rancang Bangun Sistem Monitoring pada Limbah Cair Industri Berbasis Mikrokontroler dengan Antarmuka Website. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 6(3), 43-53
Rukminasari, N., Nadiarti, N., dan Awaluddin, K. (2014). Pengaruh derajat keasaman (pH) air laut terhadap konsentrasi kalsium dan laju pertumbuhan Halimeda sp. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 24(1), 28-34.
Sabiq, A., dan Budisejati, P. N. (2017). Sistem Pemantauan Kadar pH, Suhu dan Warna pada Air Sungai Melalui Web Berbasis Wireless Sensor Network. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(3), 94-100.
Published
2020-04-07
How to Cite
KAPIUDIN, Maulani; SEMBIRING, Tenang; AULIA, Hilman Najmi. Prototipe Sistem Kontrol PH Air Berbasis Mikrokontroler Arduino dengan Visualisasi Visual Basic pada Final Waste Water Treatment. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 115-121, apr. 2020. ISSN 2580-2615. Available at: <http://jurnalteknik.unjani.ac.id/index.php/jt/article/view/130>. Date accessed: 25 may 2020. doi: https://doi.org/10.26874/jt.vol18no2.130.