Penerapan Peta Hotelling’s T untuk Melihat Keterkendalian Proses

  • Dadang Arifin Universitas Jenderal Achmad Yani

Abstract

Penelitian mengenai penerapan metode analisis multivariat dalam menyelesaikan permasalahan kualitas proses pembuatan produk. Hampir semua produk apakah itu produk jadi atau produk setengah jadi memiliki karakteristik kualitas lebih dari satu. Sebagai contoh kualitas sebuah komponen bantalan (bearing) bisa  ditentukan oleh beberapa dimensi yang terukur misalnya diameter dalam, diameter luar, ketebalan dan lain sebagainya. Permasalahan akan menjadi semakin kompleks jika pengukuran melibatkan dimensi yang tidak terukur (unmeasurable dimension). Jika sebuah produk memiliki karakteristik kualitas lebih dari satu dengan kajian dilakukan secara parsial akan menyebabkan kesalahan ganda atau berulang, karena setiap dimensi yang diamati melalui proses sampling akan memberikan nilai kesalahan sebesar α. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pengendalian kualitas statistik mampu memantau kualitas proses setiap dimensi dilakukan secara simultan sehingga resiko kesalahan yang akan diterima hanya satu kali. Atas dasar itulah dalam tulisan ini akan dibahas mengenai penerapan salah satu metode analisis multivariat yang dikembangkan oleh Harold Hotelling dalam pengendalian kualitas. Penelitian dilakukan di CV. Laksana Metal Industri, yakni sebuah perusahaan yang membuat salah satu produk elektronik dengan kondisi  pada saat ini cacat dominan terdapat pada posisi lubang yaitu sekitar 51%.  Cacat posisi lubang ini yang akan dijadikan sebagai bahan kajian dalam penerapan metode tersebut di atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alt, F. B. (1985). Multivariate Quality Control. The encyclopedia of statistical sciences, Wiley, New York. 10-122
Dillon, W. R., & Goldstein, M. (1984). Multivariate Analysis Methods and Applications. School of Management, University of Massachusetts. John Willey & Son.
Garvin, D. (1987). Competing on The Eight Dimensions of Quality. Harvard Bussiness Review, 101-109.
Montgomery, D. C. (2009). Introduction to Statistical Quality Control. John Wiley & Sons (New York).
Amiri, A., Zou, C., & Doroudyan, M. H. (2014). Monitoring correlated profile and multivariate quality characteristics. Quality and Reliability Engineering International, 30(1), 133-142.
Morrison, D. F. (2005). Multivariate analysis of variance. John Wiley & Sons, Ltd.
Published
2018-03-03
How to Cite
ARIFIN, Dadang. Penerapan Peta Hotelling’s T untuk Melihat Keterkendalian Proses. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 11-16, mar. 2018. ISSN 2580-2615. Available at: <http://jurnalteknik.unjani.ac.id/index.php/jt/article/view/43>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.26874/jt.vol16no2.43.