Pedoman Penulisan Artikel

Artikel yang akan disubmit ke Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik harus mengikuti tata cara penulisan yang telah ditetapkan oleh Tim Editor.

Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia pada kertas HVS ukuran A4 (width 21 cm dan height 29.7 cm) dengan pengaturan satu kolom. Orientasi halaman adalah portrait. Margin dokumen diatur dengan mengubah tipe multiple pages pada bagian pages menjadi mirror margin. Pengaturan margin tiap-tiap bagian yaitu: top 3 cm, bottom 2.5 cm, inside 2.5 cm, outside 2 cm dan gutter 0 cm. Jumlah halaman yang diijinkan maksimum 10 halaman.

Isi artikel meliputi:

Judul Artikel

  1. Judul artikel ditulis 1 (satu) spasi dengan huruf Times New Roman (bold) ukuran 14 pt
  2. Nama penulis dalam artikel harus lengkap (bukan singkatan/nama pendek). Nama penulis diikuti oleh nomer urut yang dituliskan superscript yang menyatakan asal institusi
  3. Nama institusi penulis ditulisakan dengan urutan: nama jurusan/departemen, nama fakultas, nama institusi, negara asal.

Abstrak

  1. Abstrak ditulis 1 (satu) spasi dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 10 pt (bukan bold)
  2. Abstrak ditulis dengan jumlah maksimum 200 kata.
  3. Abstrak harus menggambarkan isi artikel keseluruhan yang memuat latar belakang, tujuan penelitian/artikel, metode penelitian/kajian, dan simpulan
  4. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  5. Kata kunci ditulis dalam jarak 1 (satu) spasi di bawah abstrak.
  6. Jumlah kata kunci sekurang-kurangnya berjumlah 3 (tiga) kata dan maksimum 5 (lima) kata

Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang, keterkaitan penelitian dengan pustaka rujukan sebelumnya, identifikasi permasalahan, perumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup kajian, dan gambaran hasil yang ingin dicapai. Pendahuluan berisi juga studi literatur terkait dengan state-of-the art penelitian yang telah dipublikasikan oleh penulis/peneliti lain pada jurnal, prosiding, sub-bab dari buku, majalah ilmiah, tugas akhir-tugas akhir, website, surat-surat keputusan, koran, dan lain-lain. Teknik sitasi menggunakan format APA yang dapat dibuat dengan menggunakan fitur citation sources pada Microsoft Word atau perangkat lunak lainnya seperti EndNote dan Mendeley

Metode

Metode berisi teori atau pendekatan model, justifikasi model, algoritma penyelesaian model-model, dan teknik penyelesaiannya. Landasan teori berisi fenomena dasar, pengembangan keterkaitan fenomena yang dikaji dengan dasar teorinya. Satuan yang digunakan dalam makalah adalah satuan Standard Internasional (SI), seperti meter (m) untuk Panjang, kilogram (Kg) atau gram (g) untuk berat, dan lain-lain.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi data yang disajikan dengan tabel-tabel dan/atau gambar-gambar serta analisis pembahasan secara ilmiah. Tabel dan gambar diberi nomor urut dengan angka arab dan diberi judul. Pencantuman tabel harus diatur sedemikian rupa agar lebar maksimumnya adalah 16.5 cm. Pencantuman gambar perlu memperhatikan pengaturan lebar gambar maksimum (16.5 cm) dan skema warna grayscale. Apabila gambar berupa foto, penulis dapat mengatur tingkat kecerahan (brightness) dan kontras agar gambar dapat terlihat jelas dan sesuai dengan maksud penulis.

Kesimpulan

Tuliskan hasil kesimpulan dalam bagian ini dengan singkat dan jelas, tidak banyak mengulang hal-hal pada bagian hasil dan diskusi. Bagian ini dapat dilengkapi dengan rekomendasi atau saran (jika ada).

Ucapan Terima Kasih

Penulis mengucapkan terima kasih atas organisasi A atas dukungan finansialnya pada penelitian ini dan organisasi B atau dukungannya dalam keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah ini.

Daftar Notasi

Contoh:
P          =          tekanan [atm]
T          =          suhu [oC]

Daftar Pustaka

Pengaturan style pada sumber rujukan menggunakan standard APA (American Psychological Association).

Template Penulisan Artikel

Penulis dapat menggunakan Template Penulisan Artikel untuk melihat detail tata cara penulisan naskah. Pedoman tersebut menggunakan format .docx dan dilengkapi dengan fitur style untuk Microsoft Word. Keterangan lengkap mengenai format penulisan isi, daftar pustaka/referensi dan teknik sitasi dapat dibaca pada pedoman tersebut.

Penulis diwajibkan untuk membaca terlebih dahulu etika publikasi di laman ini.