Analisis Karakteristik Saluran Komunikasi Satelit Bergerak Berdasarkan Rasio S/N Daerah Makassar Kondisi Clear Sky

Authors

  • Muhammad Reza Hidayat Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Munawwar Arif Universitas Hasanuddin
  • Zulfajri Basri Hasanuddin Universitas Hasanuddin
  • Elyas Palantei Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol17no1.60

Keywords:

GPS, LOS, NLOS, S/N, signal strength

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pengukuran dan analisis signal strength GPS dengan menguji software berbasis PC dengan sistem operasi Linux. Menggunakan beberapa sofware untuk pengambilan data, pengolahan dan pengujian GPS receiver yang memiliki kemampuan menentukan posisi user pada kondisi mobile (bergerak) dengan tampilan visual pada MAP (peta). Penelitian dilakukan pada beberapa lokasi yang memiliki topografi yang diinginkan. Software-software berbasis PC yang digunakan pada Sitem Operasi Linux (Ubuntu v 10.10) yaitu GPSd (GPS Daemon), GPSpipe, XGPS, dan Tango GPS untuk Map (Peta) sedangkan untuk software berbasis PC pada Windows yaitu Matlab v 7.6. Software-software tersebut sudah mempunyai kemampuan menampilkan posisi satelit dan user beserta informasi yang sangat penting tanpa harus menerima data mentah lagi pada NMEA 0183 dalam kondisi mobile. Pengamatan dilakukan dengan mengumpulkan nilai S/N dari masing-masing satelit yang tertangkap oleh penerima di daerah kota Makassar.Penelitian ini terfokus pada tiga titik 3 (tiga) kondisi yakni LOS (line of sight), NLOS Moderate dan NLOS Heavy. Data yang diinput dari NMEA GPS pipe untuk 12 PRN disortir dan output yang dihasilkan dalam bentuk grafik kualitas signal strength setiap PRN satelit, untuk tampilan visual pada XGPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin W. A. W. Z.2008. “Measurement Of Mobile Satellite Signal Using Hanheld GPS Receiver At Mid- And Low- Latitude Regions”. Jepang:Tateiba/Fujisaki Laboratory, Kyushu University
Abidin, Hasanuddin Z.2007. “Penentuan Posisi Dengan GPS Dan Aplikasinya”. Jakarta:PT Pradnya Paramita
Abidin, Hasanuddin Z.2007. “Modul-1 Introduction of GPS”. Bandung:Geodesy Research Division, ITB
Abidin, Hasanuddin Z.2007. “Modul-5 Kesalahan dan Bias GPS”. Bandung:Geodesy Research Division, ITB
Engel .U.2003. “Improving Position Accuracy by Combined Processing of Galilleo and GPS Satellite Signal”,IEEE Transaction Aerospace and Electronic System, Information Fusion 2008 11 th International Confrence on Publication Year : 2008, Page (s) : 1-8.
Kaplan, D.E and J.Hegarty, C.”Understanding GPS : Principles and Applications Second Edition”.USA, Masschusetts.
S. Braasch, M and J.Van Dierendonck, A.”GPS Receiver Architectures and Measurements”.Proceedings of IEEE, Vol. 87, no.1, 1999.

Published

2018-07-08

How to Cite

Hidayat, M. R., Arif, M., Hasanuddin, Z. B., & Palantei, E. (2018). Analisis Karakteristik Saluran Komunikasi Satelit Bergerak Berdasarkan Rasio S/N Daerah Makassar Kondisi Clear Sky. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 17(1), 01–08. https://doi.org/10.26874/jt.vol17no1.60