Peer Review

Setiap Naskah yang masuk akan terlebih dahulu diperiksa oleh Tim Editorial sesuai dengan fokus and cakupan (scope) Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, yang memperhatikan unsur kesesuaian dengan format dan pedoman penulisan jurnal. Naskah  dipindai dengan program anti plagiasi Turnitin dan Grammarly  untuk memastikan tidak adanya unsur plagiarisme dalam naskah, yang tidak melebihi 20 persen.

Setiap naskah yang dinyatakan tidak memenuhi gaya penulisan maupun melampaui batas nilai persen plagiarism  oleh tim editor maka akan dikembalikan kepada penulis. Naskah yang dinilai layak akan diteruskan ke mitra bestari untuk proses review. Proses Review dijelaskan lebih detail dalam dokumen “Proses Review”

Setiap Naskah yang masuk akan dinilai berdasarkan aturan berikut:

  • Keaslian dari kontribusinya terhadap bidang penerbitan ilmiah
  • Keandalan metodologi dan teori yang diambil sesuai dengan topik
  • Koherensi analisis
  • Tata bahasa dan penulisan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Naskan ditelaah secara Double Blind Peer Review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap subuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan. Setiap artikel ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer), 1 penelaah internal dan 1 peneleaah eksternal. Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka tim editor akan menunjuk penelaah ketiga.