Analisis Pengaruh Katalis pada Reaksi Esterifikasi Minyak Sawit Mentah

Authors

  • Didi Didi Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Febrianto Febrianto Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Tasroni Tasroni Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol2no2.222

Abstract

Minyak Sawit Mentah (CPO) dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku oleokimia, dimana komponen dasar oleokimia terdiri dari: asam lemak, ester, alkohol, komponen nitrogen dan gliserol. Pemanfaatan oleokimia ini antara lain untuk industri lilin, produksi kosmetika, sabun, bahan pembantu dalam pengolahan karet sebagai platisizer. 

Selama ini pemanfaatan CPO hanya sebagai bahan baku minyak goreng dan margarin. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan akan minyak kelapa sawit mentah (CPO) semakin besar untuk industri pangan dan non pangan. Pemanfaatan CPO ini belum optimal, oleh sebab itu alangkah baiknya apabila CPO ini diproses kembali untuk meningkatkan nilai jual diantaranya diolah sebagai ester, melalui proses esterifikasi.

Untuk mempercepat proses esterifikasi minyak sawit mentah, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan penambahan katalis. Katalis yang digunakan pada penelitian ini adalah katalis homogen [asam (H2SO4) dan basa (NaOH)], dengan % berat masing masing adalah 0,5%; 2%; dan 3%.

Dari hasil analisa dengan menggunakan metoda asetin perolehan % gliserol yang tertinggi pada proses batch dan katalis homogen adalah pada kondisi penambahan katalis asam (H2SO4) dengan 3% berat, waktu reaksi 60 menit, temperatur reaksi 63oC, dan putaran pengaduk 240 rpm yaitu sebesar 91,05%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didi Didi, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

Febrianto Febrianto, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

Tasroni Tasroni, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

References

1. Griffin R.C, "Technical Methods of Analysisis", 2ed, Mc. Graw Hill Book Company, Inc, New York, 1955, Page 107 110.
2. Ida Zahrina dan Tatang H.Soerawidjaja, "Konversi Stearin menjadi Bio Diesel Menggunakan Katalis Abu Tandan Sawit", Prosiding Seminar Teknik Kimia Soehadi Rekso Wardojo, 2000.
3. Paguot,C and A. Hautfenne,"Standard Methods for The Analysis of Oil, Fat and Derivates", 7" edition, Black-well Scientific, Oxford, 1987, Page 75 77.
4. Peterson, G.R. dan W.P.Scarrah, "Rapessed Oil Transesterification by Heterogeneous", Journal American Oil Chemist Society, 61 (10), 1984.
5. Tim Penyusun PS, Kelapa Sawit, "Usaha Budi daya, Pemanfaatan Hasil dan Aspek Pemasaran", Penebar Swadaya, hall 2: 12 21,24 30.
6. Titik Mahargiani, "Kinetika Reaksi Etanolisis Minyak Kelapa Sawit ditinjau secara Heterogen", Prosiding Seminar Teknik Kimia Soehadi Rekso Wardojo, 2000

Additional Files

Published

2003-11-30

How to Cite

Didi, D., Febrianto, F., & Tasroni, T. (2003). Analisis Pengaruh Katalis pada Reaksi Esterifikasi Minyak Sawit Mentah. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 2(2), 200–205. https://doi.org/10.26874/jt.vol2no2.222