Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Jurnal yang diserahkan ke Jurnal Teknik adalah jurnal yang belum pernah dipublikasikan, atau tidak sedang dalam proses penerbitan pada jurnal lain/jenis publikasi lainnya.
  • File yang diserahkan adalah file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau dokumen berformat RTF.
  • Jika dimungkinkan, seluruh URL dari pustaka/referensi yang digunakan telah disertakan dalam dokumen.
  • Karangan ilmiah yang diserahkan telah mengikuti format gaya selingkung Pedoman Penulisan Makalah Jurnal Teknik. Dokumen pedoman penulisan tersebut dapat anda peroleh di laman Beranda. Pedoman tersebut dibuat dengan fitur style dalam dokumen berformat .docx. sehingga pengguna dapat langsung menggunakan fitur style tersebut untuk mempermudah penyuntingan gaya selingkung artikel.

Author Guidelines

Penulis yang akan mengirimkan artikel ke Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik secara online dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu (jika belum memiliki akun), klik di sini.
  2. Unduh Template penulisan naskah, klik di sini.
  3. Sesuaikan naskah yang akan diserahkan dengan format Template Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik.
  4. Jika sudah sesuai, login ke akun penulis untuk menyerahkan naskah dengan klik tautan Penyerahan Naskah. Ikuti panduan yang tampil di laman web hingga selesai. 
  5. Naskah yang sudah diserahkan akan segera melalui tahapan pra-penelaahan (pre-review) dan penelaahan (review) substansi
  6. Jika ada yang hendak ditanyakan ke editor,  penulis dapat menggunakan menu diskusi yang tersedia di laman web (setelah login ke akun masing-masing).
  7. Jika naskah tidak mendapat respon dari editor hingga lebih dari satu (1) minggu, penulis dapat kontak melalui email ke: jurnalteknik@unjani.ac.id dengan menyebutkan nama dan judul naskahnya.

 Pedoman penyerahan naskah secara lengkap dapat dilihat di sini

Hasil Riset

Makalah yang tergolong dalam hasil riset harus memiliki hipotesis, studi literatur, metoda, hasil, penjelasan/pembahasan hasil dan kesimpulan. Jenis makalah ini biasanya terdiri dari 3000 hingga 6000 kata.

Hasil Survey

Makalah yang tergolong dalam hasil survey biasanya dilengkapi dengan data lapangan. Makalah ini harus dilengkapi dengan penjelasan mengenai kontribusinya terhadap kondisi di lapangan. Jumlah kata pada makalah ini berkisar antara 3000 hingga 6000 kata.

Review Makalah

Makalah yang tergolong pada kategori review makalah biasanya memiliki referensi makalah dengan tema yang sama. Makalah ini biasanya terdiri dari 4000 kata dengan jumlah referensi minimal 15 makalah.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.