Analisis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan MDP 2024 dalam Konteks Kebijakan Transportasi Berkelanjutan

Penulis

  • Muhamamd Rafi Sugema Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Robi Maulana Universitas Jenderal Acmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.55893/jt.vol23no2.683

Kata Kunci:

AASHTO 1993, MDP 2024, transportasi berkelanjutan, tebal perkerasan, dampak lingkungan

Abstrak

Perkerasan jalan lentur memiliki peran vital dalam pembangunan infrastruktur transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Di Indonesia, metode AASHTO 1993 telah lama digunakan sebagai pedoman standar dalam perencanaan tebal perkerasan. Namun, dengan hadirnya Manual Desain Perkerasan 2024 yang lebih adaptif terhadap kondisi lokal, evaluasi perbandingan antara kedua metode ini menjadi penting, terutama dalam mendukung kebijakan transportasi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana masing-masing metode berkontribusi terhadap pengurangan dampak lingkungan, penggunaan material, dan efisiensi energi. Melalui literature review integratif, penelitian ini menemukan bahwa MDP 2024 menawarkan desain perkerasan yang lebih efisien dalam penggunaan material dan energi, sekaligus mendukung pengurangan emisi karbon. Namun, tantangan dalam penerapan teknologi ramah lingkungan dan keterbatasan data geoteknik masih perlu diatasi. Penelitian ini menyarankan penggunaan MDP 2024 untuk mendukung kebijakan transportasi yang lebih berkelanjutan di Indonesia.

Biografi Penulis

  • Muhamamd Rafi Sugema, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Sipil

  • Robi Maulana, Universitas Jenderal Acmad Yani

    Teknik Sipil

Referensi

Abdollahi, S. F., Lanotte, M., Kutay, M. E., & Bahia, H. (2023). AASHTO 1993 Plus: an alternative procedure for the calculation of structural asphalt layer coefficients. International Journal of Pavement Engineering, 24(2). https://doi.org/10.1080/10298436.2022.2118273

American Association of State Highway and Transportation Officials. (1993). AASHTO 1993.

Daba S. Gedafa, Mustaque Hossain, Stefan Romanoschi, & Andrew J. Gisi. (2013). Flexible Pavement Design Simulation Using Mechanistic-Empirical Pavement Design Guide. Journal of Civil Engineering and Architecture, 7(11). https://doi.org/10.17265/1934-7359/2013.11.005

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2024). Manual Desain Perkerasan 2024.

El-Ashwah, A. S., El-Badawy, S. M., & Gabr, A. R. (2021). A Simplified Mechanistic-Empirical Flexible Pavement Design Method for Moderate to Hot Climate Regions. Sustainability, 13(19), 10760. https://doi.org/10.3390/su131910760

Huang, Y. (2004). Pavement Analysis and Design. Pearson Prentice Hall.

Mubaraki, M., Osman, S. A., & Sallam, H. E. M. (2019). Effect of RAP content on flexural behavior and fracture toughness of flexible pavement. Latin American Journal of Solids and Structures, 16(3). https://doi.org/10.1590/1679-78255516

Qiao, Y., Wang, Z., Meng, F., Parry, T., Cullen, J., & Liu, S. (2022). Evaluating the economic and environmental impacts of road pavement using an integrated local sensitivity model. Journal of Cleaner Production, 371, 133615. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.133615

Solanki, P., & Zaman, M. (2017). Design of semi-rigid type of flexible pavements. International Journal of Pavement Research and Technology, 10(2), 99–111. https://doi.org/10.1016/j.ijprt.2016.10.004

Styer, J., Tunstall, L., Landis, A., & Grenfell, J. (2024). Innovations in pavement design and engineering: A 2023 sustainability review. Heliyon, 10(13), e33602. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e33602

Zhao, Y., Goulias, D., & Peterson, D. (2021). Recycled Asphalt Pavement Materials in Transport Pavement Infrastructure: Sustainability Analysis & Metrics. Sustainability, 13(14). https://doi.org/10.3390/su13148071

File Tambahan

Diterbitkan

2025-01-04

Cara Mengutip

Analisis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode AASHTO 1993 dan MDP 2024 dalam Konteks Kebijakan Transportasi Berkelanjutan. (2025). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 23(2), 112-118. https://doi.org/10.55893/jt.vol23no2.683

Artikel Serupa

1-10 dari 28

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.