Evaluasi Fungsional Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus Ruas Jalan Cihampelas — Bandung

Authors

  • Agus Juhara Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dini Andariani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Lina Yunliana Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.184

Keywords:

Pavement Flexible, Pavement Condition Index (PCI)

Abstract

Studi evaluasi kondisi kerusakan jalan pada penelitian dilakukan melalui survei visual sesuai dengan prosedur metode PCI, yaitu dengan mengukur panjang, lebar, dalam serta luasan dari tiap kerusakan yang terjadi, tingkat kerusakan yang terjadi dan density kerusakan. Kategori jenis kerusakan yang ditinjau adalah alligator cracking, bleeding, block cracking, bumps and sags, corrugation, depression, edge cracking, joint reflection, lane/shoulder drop off, longitudinal and transverse cracking, patching and utility cut patching, polished aggregate, potholes, railroad crossings, rutting, shoving, slippage cracking, swell, weathering and ravelling. Untuk analisa pengambilan keputusan digunakan metode pendekatan Pavement Condition Index (PCI).

Studi dilakukan terhadap ruas jalan Cihampelas Bandung, dengan panjang jalan yang diamati sepanjang 2,8 km yang dibagi dalam 56 segmen jalan dimana tiap segmen panjangnya 50 m. Jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Cihampelas Bandung terdiri dari ravelling, alligator cracking, patching, longitudinal and transverse cracking, shoving, corrugation, depression, potholes dan rutting. Hasil analisa menggunakan metode PCI didapat nilai PCI terendah di tiap unit sampel jalan Cihampelas yaitu pada unit sampel 14 dengan nilai PCI 42 dengan kualitas kondisi perkerasan fair.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Juhara, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Dini Andariani, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Lina Yunliana, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

References

Bellinger W.Y., Miller J.S., 2003, Distress Identification Manual for The Longterm Pavement Performance Program, Federal Highway Administration (FHWA), Washington DC.

Departments of The Army, 1982, Pavement Maintenance Management . U.S. Army TM 5- 623, USA.

Desutama, RBP., 2008, Mata Kuliah Teknik Lalu Lintas, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung, Tidak dipublikasikan.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983, Manual Pemeliharaan Jalan No. 003/MN/B/1983, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Geoplan Consultan Inc., 2002, Pavement Surface Condition Rating Manual 2nd edition, British Columbia Ministry of Transportation.

Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Pemerintah Republik Indonesia, 2004, Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, Jakarta.

Puslitbang Jalan dan Jembatan, 2005, Jurnal Litbang Jalan Volume 22 No. 1, Edisi II, Teknik Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung

Shahin, M., 2005, Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots New York: Springer Science--Business Media, LLC.

Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung

Walker, D., 2004, Airfield Pavement Surface Evaluation and Rating Manuals, Federal Aviation Administration (FAA), USA

Additional Files

Published

2011-11-30

How to Cite

Juhara, A., Andariani, D., & Yunliana, L. (2011). Evaluasi Fungsional Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus Ruas Jalan Cihampelas — Bandung. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 10(2), 125–134. https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.184