Pencarian Rute Terpendek pada Distribusi Raw Material Metode Djikstra di PT. SHP

Authors

  • Muhammad Faizal Nurrizky Universitas Widyatama
  • Sofia Dwiagnes Universitas Widyatama
  • Nitta Fitria Anggraeni Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol19no01.141

Keywords:

Djikstra, Transportasi, Biaya

Abstract

Perusahaan dapat memilih jasa makloon untuk memproduksi produknya. Jasa ini akan membantu perusahaan dalam memangkas modal usaha. Paling tidak, perusahaan tidak perlu mengalokasikan dana besar untuk membangun pabrik sehingga perusahaan dapat langsung menjalankan bisnisnya. Dengan menggunakan jasa makloon, beberapa kebijakan perusahaan mengirimkan bahan bakunya kepada perusahaan yang menyediakan jasa makloon. Dalam proses pengiriman bahan baku, perusahaan harus mempertimbangkan jalur transportasi yang akan dilewati untuk meminimumkan biaya transportasi. Maka harus dicari jalur transportasi terpendek agar jarak yang ditempuh menjadi optimal dan ongkos yang harus dikeluarkan dapat diminimalisir. PT. SHP yang berlokasi didaerah Cikampek kabupaten Karawang akan menggunakan jasa makloon di PT. UJA yang berlokasi di Padalarang Bandung. Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan algoritma Djikstra. Dari banyaknya jalur alternatif yang dimiliki perusahaan, dicari jarak terpendek yang nanti menjadi solusi paling optimal bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardana, D., & Saputra, R. (2016). Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016), 1(Snik), 299–306.
Junanda, B., Kurniadi, D., Huda, Y., Studi, P., Teknik, P., Teknik, F., & Negeri, U. (2016). PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1), 89–93. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/6014/4686
Kusuma, E., Jefri, & Halim Agung. (2019). Aplikasi Perhitungan Dan Visualisasi Jarak Terpendek Berdasarkan Data Coordinate Dengan Algoritma Dijkstra Dalam Kasus Pengantaran Barang. Jurnal SISFOKOM, 08(1), 14–23.
Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Erlangga.
Munir, R. (2005). Matematika Diskrit. CV Informatika.
Wibowo, A. G., & Wicaksono, A. P. (2012). Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra. Jurnal Informatika, II(1), 21–35. https://media.neliti.com/media/publications/92729-ID-rancang-bangun-aplikasi-untuk-menentukan.pdf

Published

2020-08-28