Penjadwalan Pemetikan Teh dengan Model Programa Dinamis yang Mempertimbangkan Kualitas Pucuk

Studi Kasus Di PPTK Gambung, Ciwidey

Authors

  • Cucu Wahyudin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yudhi Sodikin Ma'ruf Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol5no2.257

Keywords:

Gilir Petik, Umur Pangkas, Pola Penurunan Kualitas Pucuk, Biaya Pemetikan, Rolling Schedule

Abstract

Penerapan aturan gilir petik di PPTK Gambung berlaku untuk semua blok yaitu berkisar antara 9-10 hari sekali. Hal ini menjadi salah satu sebab sering tidak terpenuhinya rencana produksi baik dari aspek kuantitas maupun kualitas teh, karena perbedaan ketinggian tempat dan umur pangkas diantara blok-blok kebun tersebut, menyebabkan kecepatan pertumbuhan pucuk teh juga berbeda-beda. Oleh karenanya diperlukan aturan gilir petik yang sesuai dengan pertumbuhan pucuk teh.

Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyusun jadwal pemetikan yang dapat meminimalkan biaya pemetikan teh. Optimasi penjadwalan ini dilakukan dengan cara pemilihan blok pemetikan secara tepat, sesuai pola penurunan kualitas pucuk.

Dua tahap pemecahan masalah diperlukan untuk memecahkan masalah di atas. Tahap pertama adalah pencarian pola penurunan kualitas pucuk yang sesuai ketinggian tempat dan umur pangkas masing-masing kelompok blok kebun. Selanjutnya pola penurunan kualitas pucuk tersebut digunakan untuk menentukan biaya penurunan kualitas pucuk teh, dan biaya akibat tersisanya pucuk teh di kebun, yang merupakan komponen dari total biaya pemetikan selain biaya langsung pemetikan. Tahap yang kedua adalah menyusun model penjadwalan pemetikan yang dapat meminimalkan total biaya pemetikan dan penurunan kualitas pucuk teh. Formulasi matematik yang dipakai adalah programa dinamis, model ini merupakan modifikasi dari model persediaan produksi dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cucu Wahyudin, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

Yudhi Sodikin Ma'ruf, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

Adisewojo. RS. “ Bercocok Tanam Teh (Camelia Theifera) “. Penerbit Sumur Bandung. 1982.

Budijati. Siti Mahsanah. “ Model Penjadwalan Pemetikan Dengan Pendekatan Progama Dinamis Minimasi Biaya Pemetikan “. Tesis Magister. Program Studi Teknik dan Manajemen Industriâ€. ITB. Bandung. 2000.

Dalimoenthe. S.L, “ Aspek Fisiologis Pemetikan Pada Tanaman Teh“. Prosiding Simposium Teh (hal 123-128) Bandung. 1990.

Dreyfus, S.E Law A.M, “ The Art and Theory Of Dynamic Programming “. Academic Press. New York. 1977.

Dwi Pusparina, Nia. “ Pemetikan dan Pengolahan Teh di PTPN VIII “. Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian. IPB. 1997.

Hillier, F.S, Lieberman. G.J. “ Introduction To Operation Research “. 6-th Edition. Mc Graw-Hill. New York. 1995.

Kartawijaya, W.S, Tarlan, S “ Pengaruh Rumus dan Bagian Pucuk Yang Ditinggalkan Terhadap Daur Petik dan hasil Pucuk Teh Klon TRI 2024â€. Warta Balai Penelitian Teh dan Kina, PPTK. Gambung. Bandung. 1983

Mahmud, S dan Sukasman, “ Pengaruh Daur pemetikan dan Sistem Pemetikan Terhadap Hasil Pucuk Teh “. Buletin Penelitian Teh dan Kina, Vol. 3, No. I. (hal 1 - 8). PPTK. Gambung. Bandung. 1988.

MathSoft, Inc. “ Mathcad, User's Guide Mathcad 2000 Profesional, Mathcad 2000 Standar “.MathSoft, Inc. Cambridge, Massachusetts. 2000.

Subagyo. P. Asri, M dan Handoko, T.H. “Dasar-Dasar Operation Research“. BPFE-Yogyakarta. 1983.

Rasjidin, Rosfiansyah. “ Model Penentuan Nilai Waktu Ancang Jadwal Induk Produksi dan Interval Perencanaan Ulang dengan Prosedur Jadwal Bergilirâ€. Tesis Magister, Program Studi Teknik dan Manajemen Industriâ€. ITB. Bandung. 1999.

Subarna, Penelitian dengan judul “Mutu Teh“.1990.

Sudikno dan Kartawijaya, Penelitian dengan judul “ Gilir Petik “. 1983.

Tajudin Abas, Penelitian dengan judul “ Pemetikan Teh Dengan Menggunakan Tangan, Gunting dan Mesin “. 2004.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Cucu Wahyudin, & Yudhi Sodikin Ma’ruf. (2020). Penjadwalan Pemetikan Teh dengan Model Programa Dinamis yang Mempertimbangkan Kualitas Pucuk: Studi Kasus Di PPTK Gambung, Ciwidey. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 5(2), 410–416. https://doi.org/10.26874/jt.vol5no2.257