Aplikasi Penjadwalan Dinamis Menggunakan Kombinasi Metode Rolling Time Window dan Algoritma Genetika Di PT Logam Bima

Authors

  • Cucu Wahyudin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agus Purwanto Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol3no2.239

Abstract

Dalam situasi persaingan pasar global yang sangat ketat sekarang ini, dimana pasar menetapkan harga serta konsumen hanya membeli produk pada saat dibutuhkan, sehingga perusahaan harus membuat produk mengikuti keinginan konsumen, oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang akan terjadi. Misalnya pemborosan yang timbul karena adanya keterlambatan.

Logam Bima merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri logam.Perusahaan mempunyai komitmen untuk memperhatikan ketepatan waktu dalampenyerahan produk kepada konsumen, sehingga dapat menjaga kepercayaan dan mengantisipasi persaingan usaha yang semakin ketat. Jadwal produksi ideal menurut PT. Logam Bima adalah semua pekerjaan selesai tepat pada batas akhir waktu penyerahan (due-date). Penyelesaian pekerjaan yang terlalu cepat atau terlalu lambat akan mengakibatkan biaya tambahan bagi perusahaan. Selain itu tidak terkendalinya proses

yang terjadi dilantai pabrik menyebabkan penyelesaian pekerjaan menjadi tidak tepat waktu, sehingga akan berakibat pada menurunnya tingkat kepercayaan konsumen kepada perusahaan. Oleh karena itu perusahaan berusaha merencanakan dan menjadwalkan produksi dengan baik untuk meminimasi total biaya produksi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cucu Wahyudin, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

Agus Purwanto, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

Anas Ma'ruf, Pengembangan metode Penjadwalan dengan Mempertimbangkan Alternatif Routing Proses Menggunakan Algoritma Genetika. Thesis ITB. 1995.

David D. Bedworth, James E Bailey Integrated Production Control System by John Wiley & Sons Inc. 1982, 1987.

David.E. Golberg, Genetic Algorithm in seacrh, optimation and machine learning, Reading Massachusetts, adission Wesley Publishing Company, Inc. USA. 1989.

Davis, Lawrence. Handbook Of Genetic Algorithms, New York Van Nostrand Reinheld. 1991.

D W Fogarty, et all Production and Inventory Management 2" ed. (Cincinnati-South- Western, 1991).

Jhon E. Biegel Pengendaliaan Produksi Suatun Pendekatan Kuantitatif, Akademika Pressindo Jakarta 1992.

Mitsuo. Gen, Runwei. Cheng, Genetic Algorithms & Enginnering Design, by John Wiley & Sons Inc. 1997.

Puspawardhani, Gianti, Ir., MT, Diktat Kuliah Sistem Produksi, Jurusan Teknik Industri Roy. Krisyanto, Penjadwalan — dengan menggunakan Algoritma Genetika. Tugas Akhir, ITENAS. 1999.

Ramdhani.S, Aplikasi Penjadwalan Job Shop Dengan Menggunakan Metode Rolling Time Window, Tugas Akhir. UNJANI. 2003.

S L Narasimhan, Denis W Mc. Leavy P J Production Planning and Inventory Control Bilington 2â€' end. Pretice-hall International Inc. 1995, 1985.

Sun D dan Lin,L., 1994, A Dynamic Job Shop Scheduling Framework: A Backward Approach. Int. J. Prod Res Vol 32, No 4, 967-985

Yosephine. S, Model Penentuan Panjang Time Window Pada Penjadwalan Job Shop Dinamik, Tesis Magister, program studi ITB 2000.

Madcoms, Pemrograman Borland Delphi 7 (jilid 1), Andi Yogyakarta. 2002

Additional Files

Published

2020-08-28

How to Cite

Cucu Wahyudin, & Agus Purwanto. (2020). Aplikasi Penjadwalan Dinamis Menggunakan Kombinasi Metode Rolling Time Window dan Algoritma Genetika Di PT Logam Bima. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 3(2), 260–269. https://doi.org/10.26874/jt.vol3no2.239