Pemodelan dan Simulasi Olah Yudha (War Game Simulation)

Penulis

  • Bambang Sridadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.212

Abstrak

Simulasi waktu nyata (real time simulation) dan dunia maya (synthetic environment) merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi yang dapat membantu perbaikan tingkat keberhasilan suatu sistem nyata atau sistem baru. Salah satu bentuk gabungan antara teknologi simulasi dan teknologi wahana sintetik adalah Simulasi Olah Yudha (SOY) atau war game simulation. Sistem SOY merupakan suatu wahana latihan (training device) yang digunakan untuk melatih komandan dan staf personil anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam meningkatkan kemampuan mengambil keputusan strategis dan taktis operasional olah yudha dalam melakukan misinya. Tulisan ini menjelaskan proses perancangan model dan implementasi suatu prototipe sistem SOY.

Konfigurasi prototipe sistem SOY yang dikembangkan terdiri dari perangkat keras (hardware),dan perangkat lunak (software). Perangkat keras terdiri dari 4 (empat) buah komputer pribadi (PC- Personal Computer) yang terhubung secara jaringan lokal (local area network). Perangkat lunak adalah berupa program simulasi waktu nyata olah yudha yang ditulis dengan pendekatan berorientasi objek (object-oriented), multithreading dan multitasking dalam Borland C--- Builder (BCB) dan dieksekusi pada sistem operasi Windows NT dan Windows 98 dengan model eksekusi client-server, terdiri dari game engine dan graphic engine.

Biografi Penulis

  • Bambang Sridadi, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Elektro

Referensi

1. Averill M. Law, David W. Kelton, W. David Kelton, david M. Kelton, Simulation Modeling and Analysis, McGraw-Hill Series in Industrial Engineering and Management Science, New York, 1999.
2. Charlie Calvert, Borland C44 Builder Unleashed, Macmillan Computer Publishing, London, 2002.
3.Jean-Marc Petel, Aggregate Level Behavior Representation within Distributed Synthetic Environment Application, Virtual Prototypes Inc., Montreal Canada, 2000.
4. MIL-STD-498, Software Development and Documentation, Department of Defense USA, Washington D.C., 5 Desember 1994.
5. Murthy, D.N.P., Page, N.W., Rodin, E.Y., Mathematical Modelling, A Tool for Problem Solving in Engineering, Physical, Biological and Social Sciences, Pergamon Press, Oxford, 1990.
6. Paul K. Davis, Applying Artificial Intelligence Technigues to Strategic- level Gaming and Simulation,
Modelling and Simulation Methodology, Elsevier Science Publisher, Holand, 1986.
7. Philip Klahr, etc., Twirl: Tactical Warfare in the ROSS Language, Expert Systems : Technigues, Tools and Applications, Addison Wesley, Massachusetts, 1986.
8. Salamoen, R.F. (Letkol), dkk., Himpunan Ikhtisar Pelajaran : Taktik, Staf dan Teritorial, Pusat Infanteri, Bandung, 1975.
9. -, TNI (Tentara Nasional Indonesia) TDM (Tentara Diraja Malaysia) Latihan Bersama, Harian Kompas, Jakarta, 30 Mei 2002.
10. -, Indonesia - Malaysia Menggelar Latihan Perang, Http: // www. liputan6.com, Siaran SCTV Liputan6 jam 8.32, Jakarta, 1 Juni 2002.
11. -, Infantry, Air Borne, and Air Assault Division Operations, Field manual (FM ) No.71 101, Head Ouarters Department of the Army, Washington DC, 26 March 1980.

Diterbitkan

2003-04-30

Cara Mengutip

Pemodelan dan Simulasi Olah Yudha (War Game Simulation). (2003). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 2(1), 128-235. https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.212