Perancangan Model Multimedia Perakitan Distributor Valve pada Sistem Pengereman Kereta Api dengan Menggunakan CAD dan 3DS MAX Di PT X

Penulis

  • Cucu Wahyudin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Ria Komari Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol5no1.252

Abstrak

Departemen Yi di PT X menggunakan sejumlah alat peraga sebagai alat bantu komunikasi dalam kegiatan presentasi dan kegiatan pengembangan. Kegiatan presentasi bertujuan untuk mengenalkan sistem pengereman kereta api, dari mulai bentuk, cara kerja, penggunaan, perawatan, sampai dengan trouble shooting, dan hal lain yang dianggap perlu. Kegiatan presentasi tersebut dilakukan untuk kepentingan marketing dan untuk kepentingan pelatihan baik untuk kalangan konsumen, maupun tamu undangan yang memiliki kepentingan yang sama. Sementara itu, untuk kepentingan pengembangan, model atau alat peraga tersebut digunakan untuk mempelajari produk tanpa harus marusak produk. Alat peraga atau model yang digunakan di perusahaan saat ini termasuk kedalam model statis yang berupa foto produk, gambar produk, gambar teknik, Lembar Urutan Proses / Lembar Urutan Kerja, gambar perakitan dan sofiware gif animator. Model-model tersebut diperjelas dengan melakukan demonstrasi cara kerja produk dilantai pabrik.

Biografi Penulis

  • Cucu Wahyudin, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Industri

  • Ria Komari, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Industri

Referensi

Fauzy Irvan, Prinsip Kerja Automatic Brake Pada Lokomotif Jenis CC 201 (Studi Kasus Di PT Kereta Api Bandung), 2003.

Moore, W.L., E.A. Pessemier. 1993. Product Planning Management. Mc Graw Hill, Inc, New York.

Supriyadi Dedi, Analisa Sistem Perabaran Pada Lokomotif CC 203 (Studi Kasus Di Kereta Api Bandung), 2004

Ulrich K.T, Eppinger, S. D. 2000. Product Design and Development. Mc Graw Hill, Boston.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-08-28

Cara Mengutip

Perancangan Model Multimedia Perakitan Distributor Valve pada Sistem Pengereman Kereta Api dengan Menggunakan CAD dan 3DS MAX Di PT X. (2020). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 5(1), 367-376. https://doi.org/10.26874/jt.vol5no1.252