Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda BRV di Dealer Honda Abadi Cibiru dengan Metode Analitical Hierarchy Process dan Statistik
ANALYSIS OF HONDA BR-V CAR PURCHASE DECISIONS AT HONDA ABADI CIBIRU DEALERS
DOI:
https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.396Keywords:
quality, price, promotion, AHP, decisionAbstract
The Honda Abadi Cibiru Car Dealer was unable to achieve the sales target of the Honda BRV. This causes various problems at the dealer. Therefore, research needs to be done to overcome it. This research aims to determine the effect of product quality, price and promotion on purchasing decisions statistically analysis (F-test and t-test). The methods used are AHP and statistics. Based on the AHP data processing of the five alternatives that have a big influence on the decision to purchase a Honda BRV car are price and promotion. Based on the results of respondents to product quality, price, promotion, and purchasing decisions are high. Simultaneously the results of the F test state that the variables of product quality, price and promotion have an effect on purchasing decisions. The results of the partial test (T test), the quality of the product does not have a real influence on purchasing decisions. The price variable has a real influence on the Purchase Decision. The promotion variable has an influence on purchasing decisions. For further researchers to add other variables that can affect purchasing decisions.
References
Fahma, F., Zakaria, R., & Hary, M. (2012). Pengukuran KInerja Perbankan Menggunakan Kriteria Malcom Baldrige National Quality Award ( Studi Kasus pada Bank. XYZ). Surakarta : Performa. 11(2). 85-94.
Indria, N & Panji, A. (2020) . Pengaruh Harga, Kualitas Produk & Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Moto Honda Scoopy. Surakarta. Jurnal Manajement, bisnis dan pendidikan, 8 (1), 104-115.
Kotler, & Keller. (2015). Manajemen Pemasaran (13 ed.). New York: Pearson.
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran di Indonesia. England: Kendallville.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (14 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (15th ed). New York : Pearson Publishing.
Miandri, M., Amalia, R., & Vibiola, V. (2020, November). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Pontianak Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Digital Intelegent,1 (1),1-10.
Munthafa, A.G., & Mubharok, H. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 3(2), 192-201.
Nugroho, E., Budi, H & Safi’I I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kediri. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Kadiri. 2(2). 106-117.
Siregar, S. (2012). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Viarani, S.,& Zadry, H. (2015). Anlisis Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analitical hierarchy process Di Proyek Indarung IV PT. Semen Padang. Jurnal Laporan Kerja Praktek 14 (1), 55-70.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rahmi Rismayani Deri, Rafika Ratik Srimurni, Ega Triyandi Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menyerahkan artikel di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik untuk keperluan publikasi telah mengetahui bahwa Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik memberikan akses terbuka terhadap konten untuk mendukung pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan, sesuai dengan penerbitan daring yang berbasis Open Access Journal dan mengikuti Creative Commons Attribution 4.0 International License. Sehingga penulis setuju dengan ketentuan-ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada pihak jurnal dengan pekerjaan secara bersamaan
di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan
dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama artikel tersebut di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan
Aplikasi Teknik.
2. Penulis dapat melakukan perjanjian tambahan untuk hak distribusi non-eksklusif artikel yang telah diterbitkan di jurnal ini
(misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui bahwa
publikasi pertama dilakukan di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk menyebarkan karya mereka secara daring (misalnya, dalam repositori institusi atau
laman web penulis) setelah artikel terbit (proses penerbitan artikel selesai). Hal ini terkait dengan imbas dari pertukaran
informasi yang produktif (Lihat Pengaruh Open Access).