Pengaruh Pelayanan dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan
Studi Kasus untuk Toserba
DOI:
https://doi.org/10.26874/jt.vol4no1.246Kata Kunci:
pelayanan, variasi produk, kepuasan pelangganAbstrak
Pelanggan adalah raja. Motto ini mengharuskan perusahaan untuk selalu menjaga kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat memelihara jumlah pelanggan yang ada bahkan, dapat menciptakan pelanggan baru. Bagi perusahaan pengecer seperti Toko Serba Ada (Toserba) T Bandung, banyak variabel yang dapat menentukan kepuasan pelanggan. Diantaranya adalah pelayanan dan variasi produk. Berdasarkan pengamatan, jumlah pelanggan Toserba T semakin hari semakin bertambah. Perkembangan demikian, diduga ada kaitannya dengan pelayanan dan variasi produk yang ditawarkan oleh Toserba T sehingga pelanggan merasa puas. Untuk membuktikan dugaan ini, perlu dilakukan penelitian langsung terhadap pelanggan. Maka, penelitian ini mengangkat pokok masalah dengan judul “Hubungan antara Pelayanan dan Variasi Produk dengan Kepuasan Pelanggan Toserba T Bandungâ€.
Referensi
Bachem and Simon, “A Product Positioning Model with Costs and Pricesâ€, European Journal of Operational Research, Vol. 7, No. 4, August 1981.
Haas, “Industrial Marketing Managementâ€, 2†Ed., Kent Publishing Co., California, 1982.
J. Supranto, MA., “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasarâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 1997.
Monahan, “A Ouantity Discount Pricing Model to Increase Vendor Profitâ€, Management Science, No. 30 (p. 720-728), 1984.
Monk, “Operations Management : Theory and Problemsâ€, 3" Ed., Prentice Hall of India Private Ltd., New Delhi, 1987.
Morgan, “The Importance of Ovalityâ€, Lexinton Book, New York, 1984.
Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrolâ€, PT. Prenhallindo, Jakarta, 1997.
Philip Kotler & Gary Amstrong, “Marketing : An Introductionâ€, 4Ed., Prentice Hall International Inc., New Jersey, 1997.
Sir Colin Marshall, “The Marketing Councilâ€, British Airways, 1995.
Sir John Egan, “The Marketing Councilâ€, BAA, 1995.
Sir Michael Perry, “The Marketing Councilâ€, PT. Unilever, 1995.
Timothy R.V. Foster, “101 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelangganâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999.
Wagner and Tandes, “Stochastic Models of Consumers Behaviorâ€, European Journal of Operational Research, Vol. 19, No. 1, April 1987.
Walker, James, and Etzel, “Retailing Todayâ€, Harcourt Brace Javanovich Inc., New York, 1984.
Zeithaml, Parasuraman, dan Berry, “Delivering Ouality Serviceâ€, The Free Press, 1990.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menyerahkan artikel di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik untuk keperluan publikasi telah mengetahui bahwa Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik memberikan akses terbuka terhadap konten untuk mendukung pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan, sesuai dengan penerbitan daring yang berbasis Open Access Journal dan mengikuti Creative Commons Attribution 4.0 International License. Sehingga penulis setuju dengan ketentuan-ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada pihak jurnal dengan pekerjaan secara bersamaan
di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan
dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama artikel tersebut di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan
Aplikasi Teknik.
2. Penulis dapat melakukan perjanjian tambahan untuk hak distribusi non-eksklusif artikel yang telah diterbitkan di jurnal ini
(misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui bahwa
publikasi pertama dilakukan di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk menyebarkan karya mereka secara daring (misalnya, dalam repositori institusi atau
laman web penulis) setelah artikel terbit (proses penerbitan artikel selesai). Hal ini terkait dengan imbas dari pertukaran
informasi yang produktif (Lihat Pengaruh Open Access).