Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda BRV di Dealer Honda Abadi Cibiru dengan Metode Analitical Hierarchy Process dan Statistik

ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BR-V DI DEALER HONDA ABADI CIBIRU

Penulis

  • Rahmi Rismayani Deri Universitas Islam Nusantara
  • Rafika Ratik Srimurni Universitas Islam Nusantara
  • Ega Triyandi Permana Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.396

Kata Kunci:

kualitas, harga, promosi, AHP, keputusan

Abstrak

Abstrak

Dealer Mobil Honda Abadi Cibiru tidak dapat mencapai target penjualan Honda BRV yang telah ditetapkan. Hal ini menimbulkan berbagai masalah di dealer tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengatasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian secara analisis uji statistic (uji F dan uji t). Metode yang digunakan adalah AHP dan statistik. Berdasarkan pengolahan data AHP dari kelima alternatif berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian mobil Honda BRV adalah harga dan promosi. Berdasarkan hasil responden terhadap kualitas produk, harga, promosi, dan keputusan pembelian adalah tinggi. Secara simultan hasil Uji F menyatakan variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian parsial (Uji T), kualitas produk tidak memilki pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Variabel harga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Keputusan Pembelian. Variabel promosi mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variable lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Biografi Penulis

  • Rafika Ratik Srimurni, Universitas Islam Nusantara

    Jurusan Teknik Industri

  • Ega Triyandi Permana, Universitas Islam Nusantara

    Jurusan Teknik Industri

Referensi

Fahma, F., Zakaria, R., & Hary, M. (2012). Pengukuran KInerja Perbankan Menggunakan Kriteria Malcom Baldrige National Quality Award ( Studi Kasus pada Bank. XYZ). Surakarta : Performa. 11(2). 85-94.

Indria, N & Panji, A. (2020) . Pengaruh Harga, Kualitas Produk & Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Moto Honda Scoopy. Surakarta. Jurnal Manajement, bisnis dan pendidikan, 8 (1), 104-115.

Kotler, & Keller. (2015). Manajemen Pemasaran (13 ed.). New York: Pearson.

Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran di Indonesia. England: Kendallville.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (14 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (15th ed). New York : Pearson Publishing.

Miandri, M., Amalia, R., & Vibiola, V. (2020, November). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Pontianak Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Digital Intelegent,1 (1),1-10.

Munthafa, A.G., & Mubharok, H. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 3(2), 192-201.

Nugroho, E., Budi, H & Safi’I I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kediri. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Kadiri. 2(2). 106-117.

Siregar, S. (2012). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Viarani, S.,& Zadry, H. (2015). Anlisis Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analitical hierarchy process Di Proyek Indarung IV PT. Semen Padang. Jurnal Laporan Kerja Praktek 14 (1), 55-70.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-07-22

Cara Mengutip

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda BRV di Dealer Honda Abadi Cibiru dengan Metode Analitical Hierarchy Process dan Statistik: ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BR-V DI DEALER HONDA ABADI CIBIRU . (2021). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 20(1), 63-72. https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.396

Artikel Serupa

11-20 dari 42

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.