Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda BRV di Dealer Honda Abadi Cibiru dengan Metode Analitical Hierarchy Process dan Statistik
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA BR-V DI DEALER HONDA ABADI CIBIRU
DOI:
https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.396Kata Kunci:
kualitas, harga, promosi, AHP, keputusanAbstrak
Abstrak
Dealer Mobil Honda Abadi Cibiru tidak dapat mencapai target penjualan Honda BRV yang telah ditetapkan. Hal ini menimbulkan berbagai masalah di dealer tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengatasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian secara analisis uji statistic (uji F dan uji t). Metode yang digunakan adalah AHP dan statistik. Berdasarkan pengolahan data AHP dari kelima alternatif berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian mobil Honda BRV adalah harga dan promosi. Berdasarkan hasil responden terhadap kualitas produk, harga, promosi, dan keputusan pembelian adalah tinggi. Secara simultan hasil Uji F menyatakan variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian parsial (Uji T), kualitas produk tidak memilki pengaruh nyata terhadap keputusan pembelian. Variabel harga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap Keputusan Pembelian. Variabel promosi mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variable lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Referensi
Fahma, F., Zakaria, R., & Hary, M. (2012). Pengukuran KInerja Perbankan Menggunakan Kriteria Malcom Baldrige National Quality Award ( Studi Kasus pada Bank. XYZ). Surakarta : Performa. 11(2). 85-94.
Indria, N & Panji, A. (2020) . Pengaruh Harga, Kualitas Produk & Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Moto Honda Scoopy. Surakarta. Jurnal Manajement, bisnis dan pendidikan, 8 (1), 104-115.
Kotler, & Keller. (2015). Manajemen Pemasaran (13 ed.). New York: Pearson.
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran di Indonesia. England: Kendallville.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (14 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & Amstrong, G. (2014). Principles of marketing (15th ed). New York : Pearson Publishing.
Miandri, M., Amalia, R., & Vibiola, V. (2020, November). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Pontianak Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Digital Intelegent,1 (1),1-10.
Munthafa, A.G., & Mubharok, H. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 3(2), 192-201.
Nugroho, E., Budi, H & Safi’I I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kediri. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Kadiri. 2(2). 106-117.
Siregar, S. (2012). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Viarani, S.,& Zadry, H. (2015). Anlisis Pemilihan Pemasok Dengan Metode Analitical hierarchy process Di Proyek Indarung IV PT. Semen Padang. Jurnal Laporan Kerja Praktek 14 (1), 55-70.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rahmi Rismayani Deri, Rafika Ratik Srimurni, Ega Triyandi Permana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menyerahkan artikel di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik untuk keperluan publikasi telah mengetahui bahwa Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik memberikan akses terbuka terhadap konten untuk mendukung pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan, sesuai dengan penerbitan daring yang berbasis Open Access Journal dan mengikuti Creative Commons Attribution 4.0 International License. Sehingga penulis setuju dengan ketentuan-ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada pihak jurnal dengan pekerjaan secara bersamaan
di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan
dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama artikel tersebut di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan
Aplikasi Teknik.
2. Penulis dapat melakukan perjanjian tambahan untuk hak distribusi non-eksklusif artikel yang telah diterbitkan di jurnal ini
(misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui bahwa
publikasi pertama dilakukan di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk menyebarkan karya mereka secara daring (misalnya, dalam repositori institusi atau
laman web penulis) setelah artikel terbit (proses penerbitan artikel selesai). Hal ini terkait dengan imbas dari pertukaran
informasi yang produktif (Lihat Pengaruh Open Access).