Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Sebelum dan Setelah Pembangunan Underpass Dewi Sartika Kota Depok dengan Metode Simulasi Vissim

Penulis

  • Antono Damayanto Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Agus Juhara Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Reynaldi Muhamad A. Universitas Jenderal Acmad Yani
  • Akbar Abde Wiansyah Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.55893/jt.vol23no2.600

Kata Kunci:

Persimpangan, PKJI 2023, Derajat kejenuhan, Vissim

Abstrak

Bangkitan atau tarikan lalulintas akibat pembangunan kegiatan meningkatkan dampak kemacetan di sekitarnya. Pembangunan underpass pada simpang tidak sebidang Jl. Dewi Sartika Depok panjang 975m diperlukan untuk mengurangi kepadatan yang terjadi. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kondisi simpang eksisting dibandingkan setelah pembangunan underpass. Metodologi analisis simpang menggunakan PKJI 2023 dan permodelan simulasi Vissim. Hasil evaluasi menunjukkan nilai derajat kejenuhan kondisi eksisting simpang Naming Bothin 0,840l simpang Kartini 0,910; dan simpang Siliwangi 0,390. Setelah pembangunan underpass terjadi penurunan volume kendaraan 35,02% pada 5 ruas jalan yaitu Dewi Sartika, Naming Bothin, Kartini, Margonda, dan Siliwangi. Tundaan kendaraan simpang Naming Bothin 81,07%; simpang Kartini 31,66%; dan simpang Siliwangi 6,42%.

Biografi Penulis

  • Antono Damayanto, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Program Studi Magister Teknik Sipil

  • Agus Juhara, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Program Studi Sarjana Teknik Sipil

  • Reynaldi Muhamad A., Universitas Jenderal Acmad Yani

    Program Studi Sarjana Teknik Sipil

  • Akbar Abde Wiansyah, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Program Studi Sarjana Teknik Sipil

Referensi

Apriliyanto, R., dan Sudinyo, T. (2018) : Analisis Kemacetan dan Perkiraan Tingkat Pelayanan Jalan Pada Masa Mendatang (Studi Kasus Jalan Raya Sawangan Depok). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 3(2), 105 – 116.

Ardiaz, Y.S. (2017) : Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Bale Hinggil. Jurnal Teknik Sipil, 17(102), 23 – 34.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2023) Pedoman no. 21/SE/Db/2023 Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Indonesia: Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2021). Pedoman No. 20/SE/Db/2021 Tentang Pedoman Desain Geometrik Jalan. Jakarta. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2021) PM 17 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas. Jakarta: Menteri Perhubungan Replubik Indonesia.

Peraturan Pemerintah. (2021) PP 30 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Rusgisyarto, F., Desijayanti, G., & Islami, W.S. (2019) : Evaluasi Simpang Dikota Cimahi Dengan Metode Simulasi. Jurnal Transportasi, 19(3), 171 – 178.

Sari, Risna. R. (2017): Pengaruh Pemberlakuan Rekayasa Lalu Lintas Terhadap Derajat Kejenuhan Pada SImpang Jalan Pajajaran dan Jalan Pasirkaliki. Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 19(2), 104-111.

Tama, Ishardita, P., Sari, Ratih A., dan Umar , Faishol. (2016) : Analisis Durasi Lampu Lalu Lintas Menggunakan Metode Simulasi. Journal of Engineering and Management in Industrial System, 4(2), 130 – 140.

Undang-Undang. (2004). UU no. 38 tahun 2004 Tentang jalan: Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Wijanarko, Iwan., dan Ridho, M. A. (2019) : Faktor -Faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan Studi Kasus : Kawasan Sukun Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Planologi, 14(1), 63-74.

Zega, M. (2013) : Analisis Koordinasi Sinyal Antar Simpang (Studi kasus: Jl. Jamin Ginting-Jl. Pattimura-Jl.Mongonsidi). Jurnal Teknik Sipil USU, 2(1), 90 – 123.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Sebelum dan Setelah Pembangunan Underpass Dewi Sartika Kota Depok dengan Metode Simulasi Vissim. (2025). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 23(2), 179-187. https://doi.org/10.55893/jt.vol23no2.600

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.