Analisa Hasil Forensik Penerapan Manajemen Waktu pada Proyek Jalan Di Ruas Rancapanggung – Sarinagen Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.55893/jt.vol23no2.651Kata Kunci:
Indeks Kepentingan, Indeks Pengaruh, Indeks Frekuensi, Manajemen Waktu, Proyek KonstruksiAbstrak
Manajemen waktu merupakan proses krusial untuk memastikan proyek selesai tepat waktu, yang terfokus pada perencanaan dan penjadwalan kegiatan proyek agar lebih cepat dan efisien. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan manajemen waktu dalam proyek konstruksi Jalan di Ruas Rancapanggung – Sarinagen, Kabupaten Bandung Barat, yang dilaksanakan oleh PT. Basuki - Lesindo, KSO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor yang menghambat manajemen waktu serta faktor dominan yang berpengaruh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner kepada 21 responden, diikuti dengan analisis deskriptif dan perangkingan responden, serta validasi melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan empat hambatan utama dalam penerapan manajemen waktu, yaitu jumlah alat kerja yang tidak mencukupi (faktor dominan dengan 44,5%), metode konstruksi yang kurang tepat (43%), kurangnya komunikasi dan koordinasi antar tim pelaksana proyek (41,5%), dan material yang rusak atau tidak sesuai spesifikasi (41,4%). Faktor paling dominan dalam keterlambatan adalah jumlah alat kerja yang tidak mencukupi, menunjukkan pentingnya alokasi sumber daya yang memadai.
Referensi
Amoatey, C. T. (2017). Exploring critical road project delay factors in Ghana. Journal of Facilities Management, 15(2), 110-127.
ARITEKIN, A. R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Pekerjaan Proyek Prasarana Jalan Lingkungan. Konstruksi: Publikasi Ilmu Teknik, Perencanaan Tata Ruang dan Teknik Sipil, 38-54.
Bhatt, N. &. (2020). Evaluation of success and risk factors for highway project performance through integrated analytical hierarchy process and fuzzy interpretive structural modelling. International Journal of Construction Management, 20(6), 65.
Deep, S. B. (2022). Critical factors influencing the performance of highway projects: an empirical evaluation. Buildings, 12(6), 849.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gómez-Cabrera, A. S.-B.-D.-T. (2020). Identification of factors affecting the performance of rural road projects in Colombia. Sustainability, 12(18), 7377.
Leo-olagbaye, F. &. (2018). An evaluation of risk factors and their impact on road project. Journal of Construction Business and Management, 2(2), 24-35.
Ojha, R. &. (2017). Integrated impact of highway infrastructure, labour productivity and circular material consumption on Indian manufacturing growth: A system dynamics perspective. Journal of Advances in Management Research, 14(4), 527-542.
PUPR, P. M. (2016). Indonesia Paten No. No. 28/PRT/M/2016.
Rizal, A. H., Manek, P. K., & Bella, R. A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN WAKTU ANTARA PERENCANAAN DAN REALISASI DI LAPANGAN PADA PROYEK KONSTRUKSI. Jurnal Teknik Sipil, 12 No. 2, 159-172.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurwahyono, Antono Damayanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menyerahkan artikel di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik untuk keperluan publikasi telah mengetahui bahwa Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik memberikan akses terbuka terhadap konten untuk mendukung pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan, sesuai dengan penerbitan daring yang berbasis Open Access Journal dan mengikuti Creative Commons Attribution 4.0 International License. Sehingga penulis setuju dengan ketentuan-ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada pihak jurnal dengan pekerjaan secara bersamaan
di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan
dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi pertama artikel tersebut di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan
Aplikasi Teknik.
2. Penulis dapat melakukan perjanjian tambahan untuk hak distribusi non-eksklusif artikel yang telah diterbitkan di jurnal ini
(misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui bahwa
publikasi pertama dilakukan di Jurnal Teknik: Media Pengembangan dan Aplikasi Teknik.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk menyebarkan karya mereka secara daring (misalnya, dalam repositori institusi atau
laman web penulis) setelah artikel terbit (proses penerbitan artikel selesai). Hal ini terkait dengan imbas dari pertukaran
informasi yang produktif (Lihat Pengaruh Open Access).