Pengaruh Mobilitas Masyarakat terhadap Tingkat Penambahan Jumlah Kasus COVID-19 di Surabaya

Penulis

  • Gholiqul Amrodh Alawy Universitas Jember
  • Achmad Wicaksono Universitas Brawijaya
  • Syaripin Universitas Jember
  • Adelia Nur Isna Kartikasari Universitas Jember
  • Niswah Selmi Kaffa Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.55893/jt.vol24no1.684

Kata Kunci:

mobilitas, time lag, pemodelan, Covid-19, regresi linier

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak mobilitas penduduk dan kendaraan terhadap jumlah kasus COVID-19 di Surabaya serta menentukan jeda waktu (time lag) optimal antara pola mobilitas dan peningkatan kasus baru. Analisis regresi linier digunakan dengan variabel dependen (Yi) berupa jumlah harian kasus positif COVID-19 dan variabel independen (Xi) berupa data mobilitas. Data mobilitas ini dikumpulkan dari titik-titik transportasi utama di Surabaya, yaitu Stasiun Kereta Api Gubeng, Terminal Bus Purabaya, dan Gerbang Tol Waru Utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang sejalan dengan perubahan tingkat mobilitas masyarakat. Pada jeda waktu (lag) 0 hari, korelasi antara mobilitas dan kasus COVID-19 memiliki nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,719, namun meningkat menjadi 0,753 ketika menggunakan jeda waktu 15 hari (lag = 15). Hal ini menunjukkan bahwa fluktuasi mobilitas masyarakat di Surabaya memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap jumlah kasus COVID-19 dalam rentang waktu 15 hari setelahnya. Model regresi linier yang dibangun melalui proses seleksi stepwise memperlihatkan bahwa tingkat mobilitas di Gerbang Tol Waru Utama menjadi variabel prediktor paling signifikan, menjadikannya faktor penting dalam memahami dinamika penyebaran COVID-19 di wilayah ini.

Biografi Penulis

  • Gholiqul Amrodh Alawy, Universitas Jember

    Jurusan Teknik Sipil

  • Achmad Wicaksono, Universitas Brawijaya

    Jurusan Teknik Sipil

  • Syaripin, Universitas Jember

    Jurusan Teknik Sipil

  • Adelia Nur Isna Kartikasari, Universitas Jember

    Jurusan Teknik Sipil

  • Niswah Selmi Kaffa, Universitas Jember

    Jurusan Teknik Sipil

Referensi

Alawy, G. A. et al. (2021). Correlation Between Mobility and COVID-19 Cases in Surabaya City, Indonesia. 4(2), 154–162.

Cartenì, A. et al. (2020). How mobility habits influenced the spread of the COVID-19 pandemic: Results from the Italian case study. Science of the Total Environment, 741, 140489. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.140489

Dinas Perhubungan Kota Surabaya. (2020). Data Arus Bus dan Penumpang AKAP AKDP Unit Terminal Purabaya Tahun 2020.

Djalante, R. et al. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 100091. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Eisenmann, C. et al. (2021). Transport mode use during the COVID-19 lockdown period in Germany: The car became more important, public transport lost ground. Transport Policy, 103, 60–67. https://doi.org/10.1016/J.TRANPOL.2021.01.012

Freedman, D. A. (2009). Statistical models: theory and practice. cambridge university press.

Gezairy, H. A. (2003). Travel epidemiology: WHO perspective. International Journal of Antimicrobial Agents, 21(2), 86–88. https://doi.org/10.1016/S0924-8579(02)00365-5

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (2021). Laporan Kasus Harian Satgas Penanganan COVID-19.

Hoogeveen, M. J. et al. (2022). Environmental factors and mobility predict COVID-19 seasonality in the Netherlands. Environmental Research, 211, 113030. https://doi.org/10.1016/J.ENVRES.2022.113030

Iacus, S. M. et al. (2020). Human mobility and COVID-19 initial dynamics. Nonlinear Dynamics, 101(3), 1901–1919. https://doi.org/10.1007/s11071-020-05854-6

Kraemer, M. U. G. et al. (2020). The effect of human mobility and control measures on the COVID-19 epidemic in China. Science, 368(6490), 493–497. https://doi.org/10.1126/science.abb4218

Linka, K. et al. (2020). Global and local mobility as a barometer for COVID-19 dynamics. MedRxiv: The Preprint Server for Health Sciences, 1-26. https://doi.org/10.1101/2020.06.03.20130658

Pandey, G. et al. (2020). SEIR and regression model based COVID-19 outbreak predictions in India. ArXiv, 1–10. https://doi.org/10.1101/2020.04.01.20049825

PT. Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol. (2020). Data Lalu Lintas Tol Surabaya Gempol Tahun 2020.

PT. Kereta Api Indonesia DAOP VIII Surabaya. (2020). Volume Penumpang Surabaya Gubeng Tahun 2020.

Rustam, F. et al. (2020). COVID-19 Future Forecasting Using Supervised Machine Learning Models. 8, 101489–101499. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2997311

Shi, Z., & Fang, Y. (2020). Temporal relationship between outbound traffic from Wuhan and the 2019 coronavirus disease (COVID-19) incidence in China. 81973144, 1–16. https://doi.org/10.1101/2020.03.15.20034199

Shirvani, S. et al. (2020). Correlation between Air and Urban Travelling with New Confirmed Cases of COVID-19 A Case Study. ArXiv Preprint ArXiv:2010.01413.

Tang, K. C. et al. (2025). Using GeoAI to examine infectious diseases spread in a hyperdense city: A case study of the 2022 Hong Kong COVID-19 Omicron wave. Cities, 158, 105600. https://doi.org/10.1016/J.CITIES.2024.105600

WHO. (2019). Pneumonia of unknown cause reported to WHO China Office.

File Tambahan

Diterbitkan

2025-06-02

Cara Mengutip

Pengaruh Mobilitas Masyarakat terhadap Tingkat Penambahan Jumlah Kasus COVID-19 di Surabaya. (2025). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 24(1), 58-65. https://doi.org/10.55893/jt.vol24no1.684

Artikel Serupa

1-10 dari 48

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.