Analisis Kekuatan Lelah Pegas Sekunder Bogie NT-60

Authors

  • Haruman Wiranegara Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Muflih Abdurahman Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol1no2.201

Abstract

Pegas (spring) adalah merupakan komponen yang sering digunakan dalam aplikasi teknik, seperti dalam teknik kereta api, teknik otomotif, dan lain sebagainya. Bogie NT-60 adalah komponen yang dipakai dalam kereta api, dimana pada Bogie tersebut terdapat banyak komponen diantaranya pegas. Jenis pegas yang dipakai yaitu pegas ulir (helical spring) yang menerima beban statik dan dinamik. Oleh karena itu pegas dituntut harus kuat terhadap kedua pembebanan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haruman Wiranegara, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

Muflih Abdurahman, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

References

1. Joseph E. Shigley, Larry D. Mitchell, (Gandi Harahap, Ir, M.Eng, Penerjemah), Perencanaan Teknik Mesin, Jilid 1 dan 2, Edisi Keempat, Penerbit Erlangga, 1994.
2. Robert C. Juvinall, Kurt M. Marshek, Fundamental of Machine Design, Edisi Kedua, Penerbit Wiley, 1991.
3. The Kinki Sharyo CO, LTD, Fuji Heavy Industries CO, LTD, Maintenance Instruction Manual of Second Class Coach type BW, Tokyo Car Corporation, 1978.
4. H. Darmawan Harsokoesoemo, Prof, Dr, Ir, Kriteria Patah Lelah untuk Perancangan Elemen Mesin, Diktat Kuliah, Jurusan Teknik Mesin ITB.
5. Sularso, Ir, MSME, Dasar-Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Penerbit Pradnya Paramita, 1991.

Additional Files

Published

2002-10-31

How to Cite

Wiranegara, H., & Abdurahman, M. (2002). Analisis Kekuatan Lelah Pegas Sekunder Bogie NT-60. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.26874/jt.vol1no2.201