Korelasi antara Nilai N-SPT dengan Nilai Kohesi dan Sudut Geser Dalam pada Tanah Lempung

Authors

  • Ronni Ibnu Sabil Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Denny Wahyudin Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Dian Christian Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Elbi Jagat Rizeka Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Mohammad Dasuki Nasution Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol1no2.203

Abstract

Nilai kohesi dan sudut geser dalam tanah merupakan parameter kekuatan geser tanah (soil shear strength), yang sering digunakan di dalam perancangan bangunan yang berkaitan dengan bidang geoteknik. Nilai kohesi dan sudut geser dalam tanah tersebut diperoleh melalui tes triaksial, yang memerlukan biaya peralatan, metoda, waktu yang besar. Di samping itu, akurasi data yang diperoleh akibat metoda pengambilan contoh tanah, sangat bergantung pada tingkat ketergangguan contoh tanah yang akan ditinjau.

Oleh karena itu perlu ditelusuri hubungan antara nilai kohesi dan sudut geser dalam tanah dengan parameter kekuatan tanah yang dapat diperoleh melalui tes lapangan yang lebih sederhana serta tidak dipengaruhi oleh ketergangguan tanah akibat cara pengambilan contoh. Salah satu metoda praktis untuk mengetahui kekuatan tanah di lapangan (in situjadalah melalui Standard Penetration Test (SPT ). Dengan mengabaikan pengaruh riwayat pembebanan tanah, maka penelitian ini dilaksanakan untuk menelusuri hubungan antara sudut geser dalam tanah dan kohesi terhadap nilai N-SPT. Hasil studi penelitian terhadap tanah lempung jenis CH, dan OH, MH yang diambil dari Cibeber, Cimahi, Jawa Barat, menunjukkan adanya korelasi positif antara nilai kohesi dan sudut geser dalam tanah terhadap N-SPT.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ronni Ibnu Sabil, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Denny Wahyudin, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Dian Christian, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Elbi Jagat Rizeka, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Mohammad Dasuki Nasution, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

References

1. Hardiyatmo, Hary Christady, 1992, Mekanika Tanah 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
2. Robert D. Holtz and William D. Kovacs. 1981, An Introduction to Geotechnical Engineering, Prentice Hall.
3. Ronni, LS., 1993, Assessment of Relationship Between Subgrade Modulus and CBR, PPS-STJR, ITB. Bandung.
4. Seed,H.B., Tokimatsu,K., and Harder, L., 1984. The Influence of SPT Procedure in Evaluating oil Liguefaction Resistance, Report UCB/EERC-84-15, Earthguake Engineering Research Centre, University of California, Berkeley.
5. Skempton, A.W., 1986, Standard Penetration Test Procedures and Effects in Sand of Overburden Pressure, Relative Density, Partice Size, Aging and Overconsolidation., Geotechnigue 36: pp. 425-447.

Additional Files

Published

2002-10-31

How to Cite

Sabil, R. I., Wahyudin, D., Christian, D., Rizeka, E. J., & Nasution, M. D. (2002). Korelasi antara Nilai N-SPT dengan Nilai Kohesi dan Sudut Geser Dalam pada Tanah Lempung. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.26874/jt.vol1no2.203