Sistem Drainase dan Fenomena Banjir Perkotaan

Authors

  • Ronni I. S. R Hadinagoro Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.213

Keywords:

Banjir, Perkotaan, Saluran, Drainase

Abstract

Fenomena banjir di perkotaan mulai banyak terjadi di berbagai kota di Indonesia. Dalam skala kecil, luapan air dari saluran drainase ke jalur lalu lintas, serta genangan air di beberapa ruas jalan sudah mulai menjadi pemandangan yang hampir selalu terjadi setelah hujan turun.

Salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah perkotaan adalah penataan serta pembangunan prasarana wilayah, seperti gedung, jalan, pertamanan kota, bahkan saluran drainase yang tidak memperhatikan perilaku alamiah air. dan tanah.

Pembangunan sistem dan saluran drainase yang hanya berwawasan lokal hanya dapat mengalihkan permasalahan banjir, bukan menyelesaikan permasalahan banjir perkotaan. Untuk menyelesaikan masalah banjir di perkotaan, diperlukan sistem dan saluran drainase tepat guna yang tidakharus berupa bangunan sistem dan saluran yang mahal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ronni I. S. R Hadinagoro, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

References

Abidin, Hasanuddin Z.,Dr., Studi Penurunan Tanah Di Cekungan Bandung, 2002, Jurusan Geodesi, Institut Teknologi Bandung.
Asdak, Chay, MSc.,PhD., 2002, Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai., Gadjah Mada University Press., Yogyakarta.
Budihardjo, Eko, Prof. Ir.,MSc., Hardjohubojo, S.,Ir.,MS., 1993, Kota Berwawasan Lingkungan, Penerbit
Alumni, Bandung.
Budihardjo, Eko,. Prof. Ir., MSc., Sujarto, Joko, Prof.,Dr., Ir, MSc., 1999, Kota Berkelanjutan, Penerbit Alumni, Bandung.
Budihardjo, Eko, Prof. Ir.,MSc., 1997 , Tata Ruang Kota, Penerbit Alumni, Bandung.
Memed, Mochammad, Ir.,Dipl.HE.,APU.,2002,Pengelolaan Sumber Daya Air dan Lahan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik UNJANI, Bandung.
U.S. Forest Service, 1980, An Approach to Water Resource Evaluation of Non-Point Sivilcultural Source: An procedural Handbooks U.S. Environmental Protection Agency, Athens, G.A.
U.S. Soil Conservation Service, 1972, National Engineering Handbooks. G.P.O, Washington, D.C.

Additional Files

Published

2020-08-27

How to Cite

Hadinagoro, R. I. S. R. (2020). Sistem Drainase dan Fenomena Banjir Perkotaan. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 2(1), 135–140. https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.213