Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar ke Bentuk Modifikasi Header Terhadap Performance Mesin

Authors

  • Urip Subagio Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Damawidjaya Biksono Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.216

Abstract

Sejalan dengan perkembangan Ilmu dan Teknologi yang berkembang sangat pesat dalam bidang otomotif, banyak para ahli melakukan berbagai upaya dengan cara modifikasi maupun dengan cara penambahan alat dan peralatan pendukung lainnya, untuk mendapatkan hasil yang di inginkan antara lain hemat konsumsi bahan bakar dengan daya yang besar dan efisiensi mesin yang tinggi.

Salah satu komponen yang menarik dikaji, baik secara penampilan suara maupun performance mesin dengan jalan merubah manifold knalpot bentuk standart konfigurasi (4 1) ke bentuk modifikasi header (4 2 1 ), yang banyak digunakan dan diminati dikalangan masyarakat pencinta otomotif dengan merubah bentuk manifold knalpot tersebut. Pada penelitian ini akan ditunjukan hasil performance mesin yaitu daya mesin yang dihasilkan serta jumlah konsumsi bahan bakar yang terpakai sebelum dan sesudah modifikasi knalpot tersebut di tinjau dari segi ekonomisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Urip Subagio, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

Damawidjaya Biksono, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

References

1. Addison, “ Applications of Thermody -namics”, Second Edition, Wesley Publishing Compay, Inc.,1982.
2. ARISMUNANDAR, Wiranto. “Penggerak Mula Motor bakar torak”, edisi keempat, ITB - Bandung, 1988.
3. BPM. Arends, H. Berenschot, “Motor Bensin “ , 1980
4. Engine Step 2, PT. Toyota — Astra Motor.
5. M. M. EL - Wakil , “ Powerplant Technology”,McGraw-Hill, Ltd.,1984.

Additional Files

Published

2020-08-27

How to Cite

Subagio, U., & Biksono, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar ke Bentuk Modifikasi Header Terhadap Performance Mesin. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 2(1), 141–149. https://doi.org/10.26874/jt.vol2no1.216