Pengaruh Oversize Silinder Motor Honda 70 Terhadap Performansi Mesin

Authors

  • Urip Subagjo Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol2no2.219

Abstract

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang otomotif khususnya sepeda motor roda dua, banyak masyarakat pengguna melakukan suatu inovasi dan kreasi untuk menemukan sesuatu yang baru guna menunjang kebutuhan pribadi dan kebutuhan lingkungan. Akhir-akhir ini perkembangan performansi sepeda motor sangat pesat, dilain pihak sebagian masyarakat yang kurang mampu hanya dapat melihat sepeda motor baru dengan daya dan torsi yang besar tanpa dapat memiliki dan merasakannya.

Salah satu hal yang menarik dikaji untuk meningkatkan performansi mesin sepeda motor dengan cara memperbesar volume silinder (oversize) agar performansi yang sudah menurun dapat ditingkatkan kembali, sehingga dapat mendekati performansi mesin sepeda motor produksi baru dengan tipe yang sama. Dengan sedikit memperbesar volume silinder akan meningkatkan volume langkah yang menghasilkan daya motor yang lebih besar pada putaran yang sama serta menaikkan kompresi dan tekanan kompresi motor tersebut, walaupun konsumsi bahan bakar akan sedikit lebih boros.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Urip Subagjo, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

References

1. Addison, " Applications of Thermodynamics", Second Edition, Wesley Publishing Compay, Inc.,1982.
2. Arismunandar, Wiranto. " Penggerak Mula Motor bakar torak", edisi keempat, ITB - Bandung, 1988.
3. BPM. Arends, H. Berenschot, " Motor Bensin", 1980
4. Engine Step 2, PT. Toyota Astra Motor.
5. Kiyaku, Yaswaki "Teknik Praktis Merawat Sepeda Motor" Pustaka Setia, 1984.

Additional Files

Published

2003-11-30

How to Cite

Subagjo, U. (2003). Pengaruh Oversize Silinder Motor Honda 70 Terhadap Performansi Mesin. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 2(2), 169–176. https://doi.org/10.26874/jt.vol2no2.219