Studi Hubungan Volume, Kecepatan dan Kerapatan pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi

Authors

  • Lucky Tulus Pribadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol3no1.235

Abstract

Arus lalu lintas merupakan interaksi yang unik antara pengemudi, kendaraan, dan jalan. Tidak ada arus lalu lintas yang sama bahkan pada keadaan yang serupa. Sehingga arus pada suatu ruas jalan tertentu selalu bervariasi. Walaupun demikian diperlukan parameter yang dapat menunjukkan kondisi ruas jalan, atau yang akan dipakai untuk desain. Parameter tersebut antara lain adalah volume, kecepatan dan kerapatan.

Hubungan antara volume, kecepatan dan kerapatan sering digunakan sebagai dasar dalam pengelolaan arus lalu lintas pada suatu jalan raya. Untuk itu perlu dilakukan suatu studi mengenai ketiga parameter ini sehingga hasil studi dapat memberikan gambaran yang saling terkait antara ketiga parameter tersebut. Hasil analisis dari studi berupa model matematis yang dikembangkan berdasarkan hubungan dasar volume sama dengan kecepatan kali kerapatan atau dalam bentuk persamaan V = D.Us.

Terdapat banyak model dalam menyatakan hubungan antara volume, kecepatan dan kerapatan. Tiga diantaranya adalah model Greenshields, Greenberg dan Underwood. Greenshields mendasarkan modelnya pada asumsi hubungan kecepatan dan kerapatan merupakan hubungan linier. Greenberg beranggapan arus lalu lintas dapat dianalogikan sebagai arus fluida. Hubungan kecepatan dan kerapatan pada model Greenberg dengan demikian merupakan hubungan logaritmik. Pada model Underwood, model yang disusun berdasarkan teorinya dari hasil penelitian kecepatan dan kerapatan dimana kedua parameter ini memiliki hubungan eksponential.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lucky Tulus Pribadi, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

References

Departemen PU, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen PU, Dirjen Bina Marga, 1997.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Sistem Tansportasi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Penerbit Guna Darma, 1907.

Homburger W S, and James H W, Fundamental of Traffic Engineering, 10'H Edition, Institute of Transportation Studies University, Bekley, California 1981.

Institute of Traffic Engineers, Traffic Engineering Handbook, Institute of Traffic Engineers, 4'H Ed., Prentice Hall, New Jersey .

Salter R J, Traffic Engineering, Worked Examples and Problems, The Macmillan Press LTD, London and Basingstoke, 1989.

Salter, RJ, Highway Traffic Analysis and Design, 2ND Edition, The Macmillan Press LTD, London, 1989.

Transportation Research Board, Highway Capacity Manual 1994, Transportation Research Board, Washington D.C., 1994.

Wells G R, Traffic Engineering an Introduction, Griffin London, 1970

A Policy on Geometric Design of Higways and Streets, AASHTO, 1984.

Wohl, Martin Wohl and Martin, Brian V., Iraffic Sytem Analisis, for Engineers and Planeers Mc. Graw Hill, 1967.

Additional Files

Published

2020-08-28

How to Cite

Lucky Tulus Pribadi. (2020). Studi Hubungan Volume, Kecepatan dan Kerapatan pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 3(1), 233–239. https://doi.org/10.26874/jt.vol3no1.235