Uji Penggunaan Sianida Sebagai Sumber Karbon dan atau Nitrogen oleh Bakteri Bacillus Cereus dan Pseudomonas Fluorescens

Authors

  • Elin Nurlina Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol5no2.260

Keywords:

Limbah B3, Sianida, KSCN, Lumpur aktif, Bacillus cereus, Pseudomonas fluorescens

Abstract

Dalam Peraturan pemerintah (PP) No 19/1994 dan PP No.12/1995 tentang limbah B3 (Bahan berbahaya dan beracun), sianida dan senyawa-senyawa termasuk dalam kelompok bahan berbahaya dan beracun. Banyak sumber sianida di lingkungan, salah satunya bersumber dari buangan industri tapioka dan industri elektroplating. Karena itu upaya pengolahan limbah untuk menghilangkan racun sianida perlu dilakukan.

Pengolahan limbah biologi dengan sistem lumpur aktif, diarahkan untuk menurunkan atau menyisihkan substrat yang mengandung sianida dengan menggunakan jasa mikroba. Namun . Untuk lebih jauh mengetahui bagaimana pemanfaatan senyawa sianida oleh mikroba yang terkandung dalam air buangan tersebut, dalam penelitian ini dilakukan uji penggunaan sianida oleh bakteri Bacillus cereus dan Pseudomonas fluorescens, yang merupakan bakteri dominan hasil isolasi dari sistem pengolah limbah tersebut. Uji dengan menggunakan variasi komposisi media dengan menggunakan senyawa KSCN sebagai pengganti sumber karbon dan atau nitrogen, dilakukan dengan menggunakan reaktor batch pada kondisi aerob.

Dari hasil uji penggunaan sianida, menunjukkan bahwa bakteri Bacillus cereus mampu menggunakan sianida sebagai sumber karbon dan nitrogen dengan laju pertumbuhan spesifik (µ) sebesar Âµ=0.0061/Jam. Sedangkan bakteri Pseudomonas fluorescens mampu menggunakan sianida hanya sebagai sumber nitrogen dengan laju pertumbuhan spesifik (µ) sebesar Âµ=0.0085/Jam

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Elin Nurlina, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Elektro

References

Broderius, S.J. Determination of molekular Hydrocyanic Acidin Water, and Studies of The Chemistry and Toxoxicity to Fish of metal Cyanide Complexes. Jurnal Water Research. 1973

Buchanan, R.E, N.E. Gibbon. Bergey “s Manual of Determinatared Bacteriology. 8th Edition, William and Wilkins Co., Baltimore. 1975.

Coursey, D.G . Cassava as Food: Toxicity and Technology dalam Chronic Cassava Toxicity. London. 1973.

Cowan, S.T. Manual for identification of Medical Bacteria. Cambrige University Press. Cambrige. London. 1974.

Ermans. A.M., MM. Vander Velden, J. Kinthaert, and F.Delange. Mechanisms of the Geotrogenic Action of Cassava. 1973.

Hosdhijarso, W. Pengaruh Umur Lumpur dan Resirkulasi Lumpur Dalam Proses Lumpur Aktif Pada Pengolahan Limbah Cair Sintesis Industri Tapioka. 1996.

Knowless. C.J . Cyanide Utilization and Degradation by Microorganisms. Dalam Cyanide Compounds in Biology. Ciba Foundation. 1988.

Mudder, T.I & J.L. Whitlock. Biological Treatmen of Cyanidation Wastwater. Metals and Metallurgical Processing. 1984.

Nartey, Frederick. Biosynthesis of Cyanogenic Glukosides in Cassava (Manihot spp) dalam “Chronic Cassava Toxicityâ€. London. 1973.

Underwood, A.L dan R.A. Day, Jr. Analisa: Kimia Kuantitatif. Erlangga.Jakarta.1980.

Winkler, Michael. Biological Treatment of Waste watwer. John Wiley and Sons. New York.1981.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Elin Nurlina. (2020). Uji Penggunaan Sianida Sebagai Sumber Karbon dan atau Nitrogen oleh Bakteri Bacillus Cereus dan Pseudomonas Fluorescens. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 5(2), 440–451. https://doi.org/10.26874/jt.vol5no2.260