Teknologi Tepat Guna Pembuatan Sabun Cuci Piring untuk Skala Home Industri

Authors

  • Hendriyana Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.277

Keywords:

Sabun cuci piring cair, Skala home industri, Spesifikasi standar

Abstract

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan masyarakat. Untuk menjaga kebersihan badan, pakaian, tempat tinggal serta tempat umum dibutuhkan produk pembersih yang dapat diandalkan. Ibu rumah tangga, rumah sakit, sarana umum lain hingga hotel berbintang lima pasti menjadikan produk yang satu ini sebagai bagian kehidupan sehari-hari untuk mencuci pakaian maupun peralatan rumah tangga.

Untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat tersebut di atas, maka perlu rasanya bagi saya untuk melakukan penelitian formulasi salah satu sabun cuci piring cair, sehingga diharapkan minimalnya pembaca dapat memenuhi kebutuhan pembersihnya dengan cara membuat sendiri dan lebih jauhnya dapat berbisnis sabun cuci piring cair tersebut dengan skala home industri.

Dari penelitian ini didapatkan hasil produk yang belum memenuhi spesifikasi standar, namun paling tidak formula-IIl hampir mendekati spesifikasi standar. Untuk didapatkan formula yang memenuhi spesifikasi standar harus dilakukan peneletian lebih lanjut dengan mengatur komposisi campuran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hendriyana, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

References

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Hendriyana. (2020). Teknologi Tepat Guna Pembuatan Sabun Cuci Piring untuk Skala Home Industri. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 7(1), 16–23. https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.277