Perancangan Electronic Load Controller Berbasis Mikrokontroler sebagai Stabilizer Tegangan dan Frekuensi

Authors

  • Asep Najmurrokhman Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Kurnia A Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol9no2.324

Keywords:

Beban komplemen, Electronic Load Controller (ELC), mikrokontroler, pengondisi sinyal frekuensi, pengondisi sinyal tegangan

Abstract

Kestabilan frekuensi dan tegangan sangat diperlukan dalam kelangsungan pelayanan tenaga listrik dari suatu pembangkit listrik. Pemakaian beban konsumen yang tidak menentu menyebabkan frekuensi dan tegangan yang berubah-ubah. Frekuensi dan tegangan yang tidak stabil merusak peralatan (beban) karena beban tidak bisa bekerja secara optimal. Dalam makalah ini diuraikan tentang perancangan electronic load controller (ELC) berbasis mikrokontroler sebagai stabilizer tegangan dan frekuensi. Alat ini dapat mencegah kerusakan akibat frekuensi dan tegangan keluaran dari sistem distribusi energi listrik yang tidak stabil. Pengontrolan beban secara elektronik menggunakan pengondisi sinyal frekuensi dan tegangan yang akan mendeteksi frekuensi dan tegangan sebelum masuk ke beban, yang kemudian akan dibaca oleh mikrokontroler. Data akan diproses untuk menentukan kerja dari sistem dan frekuensi, tegangan akan ditampilkan pada LCD. Sistem pengaturan frekuensi dan tegangan melalui pengaturan beban secara elektronik bekerja dengan mengatur daya yang disalurkan ke beban sekunder setiap terjadi perubahan frekuensi dan tegangan akibat perubahan beban pada beban utama. Dengan demikian, beban total generator (beban utama dan beban komplemen) cenderung tetap. Hasil pengujian menunjukkan frekuensi dan tegangan yang diatur bersifat stabil saat diberi beban maupun tidak diberi beban.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asep Najmurrokhman, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Elektro

Kurnia A, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Elektro

References

Sambutan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan dalam Seminar Nasional Modern Electrical Engineering and Its Application di Universitas Kristen Maranatha, 20 Maret 2010

Singh, B., Murthy, S. S., & Gupta, S., Analysis and Design of Electronic Load Controller for Self-Excited Induction Generators, IEEE Transactions on Energy Conversion, Vol. 21 Issue 1, March 2006, him. 285 — 293.

Ramirez, J. M. & Torres, E.M., An Electronic Load Controller for the Self-Excited Induction Generator, TEEE Transactions on Energy Conversion, Vol. 22, Issue 2, June 2007, him. 546-548.

Singh, B. & Rajagopal, V., Design of a star-hexagon transformer based electronic load controller for isolated pico hydro generating system, International Conference on Power Systems (ICPS)27—29 December2009,hlm.1—6.

Boylestad, Robert L. and Luois Nashelsky, Electronic Devices And Circuit Theory, Seven Edition, Prentice Hall International, INC, New Jersey, 1992.

Portegijs, J., The '"Humming Bird' Electronic Load Controller/Induction Generator Controller, Netherlands, 2000.

Toeci, Ronald J. Digital Systems Principles and Applications, Sixth Edition, Prentice-Hall, Inc, New Jersey, 1995.

Additional Files

Published

2020-09-16

How to Cite

Asep Najmurrokhman, & Kurnia A. (2020). Perancangan Electronic Load Controller Berbasis Mikrokontroler sebagai Stabilizer Tegangan dan Frekuensi. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 9(2), 99–109. https://doi.org/10.26874/jt.vol9no2.324