Switch Otomatis Untuk Supplay Listrik Di Rumah

Authors

  • Susanto Sambasari Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Yudi Ananto Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol11no1.327

Keywords:

Automatic Tranfer Switch, Kelistrikan, Genset, Back-up

Abstract

Dengan sering terjadinya pemadaman listrik secara bergantian di perumahan, ini akan berakibat tergangunya segala aktifitas dan penerangan yang berhubungan dengan pengunaan listrik, juga akan berakibat rusaknya alat-alat yang mempergunakan listrik. Dengan menyediakan generator set (genset) sebagai back-up dalam penyedian supplay listrik, namun masih mengalami proses pemadaman, karena saat start-up genset membutuhkan waktu, juga saat koneksinya rentan terjadi kesalahan, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat secara otomatis men-switch power dari master ke back-up, juga start-up genset tanpa proses pemadaman listrik.

Berlatar belakang masalah di atas, dilakukan penelitian bagaimana mendesain suatu switch (saklar) secara otomatis untuk membangkitkan genset dengan bantuan baterai, apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN, dengan waktu yang relatif singkat, peralatan listrik di rumah masih tetap bekerja. Sehingga peralatan yang memerlukan listrik begitupun penerangan masih tetap bekerja dan tidak cepat rusak.

Dari hasil penelitian dan perancangan automatic transfer switch untuk kelistrikan rumah didapat bahwa sistem ini telah berjalan dengan baik, Sistem perpindahan secara otomatis dari PLN ke Genset atau sebaliknya hanya perlu waktu 5 menit dan proses pemadaman listrik hanya 0,3 detik. Fungsi Automatic Main Failure (AMF) menghidupkan genset secara otomatis ketika supplay atau pasokan arus listrik dari PLN terhenti.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susanto Sambasari, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Elektro

Yudi Ananto, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Elektro

References

Andrei Makartchouk, Diesel Engine Engineering, 2002

Fred Halsall, Data Communications, Computer Networks and Open Systems, Fourth Edition, 1996 Addison- Wesley Publishers Ltd.

L.L. J. Mahon, Diesel Generator Hand Book, 1992

M.A Laughton, D. F. Warne, Electrical engineer's Reference Book, Sixteenth Edition, Elsevier Science, 2003

http//: indonesSia.wordpress.com/2011/05/14/kondisi-kelistrikan-indonesia/

http//:en.wikipedia.org/wiki/Inverter (electrical)

http//-www.805 Iprojects.net/keil-c-programming-tutorial/

http//:www.vbtutor.net/vb201 O/index.html

Additional Files

Published

2020-09-16

How to Cite

Susanto Sambasari, & Yudi Ananto. (2020). Switch Otomatis Untuk Supplay Listrik Di Rumah. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 11(1), 1–21. https://doi.org/10.26874/jt.vol11no1.327