Desain Dan Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Salita Ulitia Prini Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Handoko Rusiana Iskandar Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol17no1.62

Keywords:

Absensi, Fingerprint Scanner Sensor, Sistem Informasi, Mikrokontroler

Abstract

Pada suatu universitas, kehadiran siswa adalah salah satu hal yang dapat mendukung atau memotivasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Perguruan Tinggi. Selain itu, kehadiran siswa juga bisa menjadi informasi tentang bagaimana kedisiplinan siswa tersebut. Suatu mikrokontroler dapat dimanfaatkan sebagai suatu sistem baru dengan penambahan sensor-sensor sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang diinginkan. Sistem absensi menggunakan fingerprint telah banyak digunakan di berbagai instansi baik berbasis web online ataupun offline, akan tetapi untuk implementasi pada mikrokontroler sistem yang portable dengan fingerprint sensor sejauh ini belum dikembangkan. Penelitian ini akan mencoba merancang dan mengimplementasikan sistem absensi mahasiswa menggunakan fingerprint sensor berbasis mikrokontroler yang nantinya akan terhubung dalam suatu database pada desktop dengan sifat yang user-friendly dan dengan biaya yang tidak begitu besar. Sistem ini diharapkan dapat membantu menanggulangi masalah kecurangan absensi yang sering terjadi serta memberikan kemudahan untuk melakukan rekapitulasi absensi mahasiswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian awal untuk menghasilkan sistem monitoring absensi yang nantinya dapat dikembangkan keluarannya pada sistem informasi Universitas Jenderal Achmad Yani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonso-Fernandez, F., Fierrez, J., Qrtega-Garcia, J., Gonzalez-Rodriguez, J., Fronthaler, H., Kollreider, K., & Bigun, J. (2007). A comparative study of fingerprint image-quality estimation methods. IEEE Transactions on Information Forensics and Security, 2(4), 734-743. https://doi.org/10.1109/TIFS.2007.908228
Antonius Hendry Setyawan. (2013). Perancangan Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa Menggunakan Qr Code Pada Sistem Operasi Android. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, 1-7.
Eko, B. S., & Bobi, K. (2015). Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification ( RFId ). CoreIT,Vol.1,No.2, Desember 2015, 1(2), 44-49.
Fingerprint Sensing: The Next Generation. (n.d.). Retrieved March 6, 2018, from https://www.synaptics.com/sites/default/files/fingerprint-sensing-biometric-security.pdf
Muhammad, N. A., Samopa, F., & Prasetianto Wibowo, R. (2013). Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint. Jurnal Teknik POMITS, 2(3), A-465-A-469.
Muhammad, N. A., Samopa, F., Prasetianto Wibowo, R., Rismawati, N., Eko, B. S., & Bobi, K. (2013). Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communication ( Nfc ) Technology. Faktor Exacta, 1(2), 44-49.
Rismawati, N. (2016). Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communication ( Nfc ) Technology. Faktor Exacta, 9(2), 135-142.
Soewito, B., & Marciano Simanjuntak, E. W. (2014). Efficiency Optimization of Attendance System With GPS and Biometric Method Using Mobile Devices. International Journal of Communication & Information Technology, 8(1), 5-9.

Published

2018-07-08

How to Cite

Prini, S. U., & Iskandar, H. R. (2018). Desain Dan Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 17(1), 19–26. https://doi.org/10.26874/jt.vol17no1.62