Analisa Kegagalan Bantalan Luncur (Bush) pada Poros Sepatu Rem Kereta Api

Authors

  • Adi Ganda Putra Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Pawawoi Pawawoi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.182

Keywords:

Bantalan Luncur, poros, sepatu rem, konsentrasi tegangan, patah transgranular

Abstract

Bantalan Luncur (Bush) pada poros sepatu rem kereta api berfungsi membantu proses pengereman yang terjadi pada kereta api yang akan berhenti. Kegagalan bantalan luncur dalam membantu proses pengereman yang terjadi pada kereta api akan mengakibatkan kereta bisa tergelincir atau yang lebih fatal akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Kerusakan pada bantalan luncur ini terjadi karena adanya konsentrasi tegangan sehingga tegangan yang diterima melebihi kekuatan dari bantalan luncur. Akibatnya bantalan luncur mengalami patah. Tegangan yang terjadi akibat adanya konsentrasi tegangan sebesar 21,32 kgf/mm2 sedangkan tegangan yang diijinkan adalah 16,4 kgf/mm2 . Perbedaan yang besar ini menyebabkan terjadinya deformasi dan patah pada bantalan luncur. bentuk patahan yang terjadi berupa patah transgranular. Sehingga pada material bush yaitu patah transgranular .

Author Biographies

  • Adi Ganda Putra, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Mesin

  • Pawawoi Pawawoi, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Teknik Metalurgi

References

1. Sularso, “Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin”, PT.Pradnya Paramita, 1994.
2. Hartono As, "Konstruksi dan Perkembangan Bogie Kendaraan Rel”, PJKA,1985.
3. Metals Handbook, American Society for Metals Volume 7, “Atlas of Microstructures of Industrial Alloys”, 1972.
4. Metals Handbook ASM volume I, “Properties and Selection of Metals”, 1961.
5. Metal Handbook ASM volume 11, “Failure Analysis And Prevention”
6. Dieter, G.E 1989, Mechanical Metallurgy, Mc. Graw Hill, New York

Additional Files

Published

2019-11-30

How to Cite

Analisa Kegagalan Bantalan Luncur (Bush) pada Poros Sepatu Rem Kereta Api. (2019). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 10(2), 114-118. https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.182

Similar Articles

1-10 of 45

You may also start an advanced similarity search for this article.