Dampak Pembangunan Minapolitan Terhadap Kinerja Lalu Lintas

Penulis

  • Muhamad Yusuf Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas Pancasakti
  • Anton Budiharjo Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Mohammad Archi Maulyda FKIP, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.373

Kata Kunci:

pembangunan minapolitan, andalalin, mitigasi dampak

Abstrak

Pembangunan kawasan wisata minapolitan di Kota Semarang, diperkirakan akan menimbulkan tarikan dan bangkitan perjalanan baru. Pembangunan kawasan tersebut akan berdampak kepada kinerja lalu lintas disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan memprediksi dampak lalu lintas akibat adanya pembangunan Kawasan minapolitan dan memberikan rekomendasi untuk mitigasinya. Dalam pengumpulan data primer dilakukan melalui survei langsung dilapangan antara lain survei kecepatan sesaat, inventarisasi ruas dan simpang, volume lalu lintas, angkutan umum dan pejalan kaki serta data sekunder yang diperoleh dari data dinas terkait. Dampak yang ditimbulkan pada masa konstruksi yaitu aktivitas mobilisasi dari alat berat, tarikan dan bangkitan aktivitas pekerja, masalah keselamatan dan kesehatan. Sedangkan pada masa operasional yaitu ketersediaan lahan parkir, aktivitas pejalan kaki, geometrik jalan dan desain pintu masuk dan keluar serta keselamatan dan kelancaran lalu lintas. Kinerja ruas dan simpang Sumurgunung mengalami kenaikan dari tahap eksisting, masa konstruksi, masa operasional sampai dengan masa 5 tahun mendatang dari masa operasional. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa pembangunan minapolitan akan menimbulkan tarikan perjalanan sebesar 103,31 smp/jam dan bangkitan sebesar 102,82 smp/jam.

Biografi Penulis

  • Muhamad Yusuf, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas Pancasakti

    Dosen

  • Anton Budiharjo, Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

    Dosen

  • Mohammad Archi Maulyda, FKIP, Universitas Mataram

    Dosen

Referensi

Bent Thagesen. (2018). Highway and Traffic Engineering in Developing Countries. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Brash J, Kenneth William. Ogden., Young, W., S. T. (2003). Traffic engineering and management. Institute of Transport Studies, Dept. of Civil Engineering, Monash University.

Budiharjo, A., Sahri, A., & Purwanto, E. (2021). Kajian Manajemen Lalu Lintas Kawasan Central Business District (CBD) di Kota Tegal. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 8(1), 38–52. https://doi.org/10.46447/ktj.v8i1.291

Combs, T. S., McDonald, N. C., & Leimenstoll, W. (2020). Evolution in Local Traffic Impact Assessment Practices. Journal of Planning Education and Research, January. https://doi.org/10.1177/0739456X20908928

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan indonesia,1997. In Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) (Vol. 1, Issue I). https://doi.org/10.1021/acsami.7b07816

Hasibuan, H. S., Harmain, R., Berkademi, W., & Sari, I. P. (2018). Daya Dukung Kawasan Transit Oriented Development Di Lebak Bulus Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Plano Madani, 7, 174–184.

Ibad, M. Z. ,Tamara, A. (2020). Pengaruh Kawasan Pendidikan Tinggi Terhadap Lalu Lintas Kota Bandar Lampung. 9(April), 56–63.

Lestari, F. A., Teknik, A., Universitas, S., Belitung, B., Apriyani, Y., Pengajar, S., Teknik, J., Universitas, S., & Belitung, B. (2014). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat. 2.

Molugaram, K. (2017). Road Side Interview (RSI) Technique for calculation of Traffic growth rates at Micro level. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 12(2012), 556–564. https://doi.org/10.11175/easts.12.556

Munawar, A. (2009). Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan: Studi Kasus Plaza Ambarukmo. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.20885/jstl.vol1.iss1.art2

O’Flaherty, C. A. (1997). Transport Planning and Traffic Engineering. In Transport Planning and Traffic Engineering. https://doi.org/10.1016/B978-034066279-3/50008-6

Oktinova, N., & Rudiarto, I. (2019). Kajian Penggunaan Lahan Di Sekitar Kawasan Bukit Semarang Baru. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 15(4), 262. https://doi.org/10.14710/pwk.v15i4.21534

Permenhub 75 Tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas,2015.

Pramesti, Y. T., & Budiharjo, A. (2020). Efektivitas Rambu Batas Kecepatan di Jalan Kolektor. Jurnal Teknik, 18(2), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.37031/jt.v18i2.98

Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–243. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Purwanto, D. (2015). Pengelolaan Transportasi Berwawasan Lingkungan Sebagai Dampak Perkembangan Perkotaan Tak Terkendali (Studi Kasus Kota Semarang). Media Komunikasi Teknik Sipil, 20(1), 93–101. https://doi.org/10.14710/mkts.v20i1.9250

R. E. Wibisono. (2020). Analisa Dampak Lalu Lintas Jalan Tambak Osowilangun Akibat Pembangunan Teluk Lamong Surabaya. U KaRsT, 4(1), 70–83. https://doi.org/10.1016/j.jtte.2017.12.002.A

SK Gubjateng Tentang Penetapan Status Ruas Jalan Sebagai Jalan Provinsi Jawa Tengah,2016, 53 1689 (2016).

Spraggs, S. (2000). Traffic engineering. In BT Technology Journal (Vol. 18, Issue 3). https://doi.org/10.1023/A:1026701215511

Sumajouw, J., Sompie, B., & Timboeleng, J. (2013). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 3(2), 98676.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan dan pemodelan transportasi.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-07-22

Cara Mengutip

Dampak Pembangunan Minapolitan Terhadap Kinerja Lalu Lintas . (2021). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 20(1), 73-82. https://doi.org/10.26874/jt.vol20no1.373

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.