Kajian Penggunaan Profil Pultruded Fiber Reinforced Polymer untuk Jembatan Pejalan Kaki

Penulis

  • Muhammad Iqbal Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.55893/jt.vol21no2.487

Kata Kunci:

material maju, profil FRP terpultrusi, jembatan pejalan kaki

Abstrak

Minat pada material komposit telah meningkat secara signifikan karena rasio kekuatan terhadap beratnya yang tinggi. Perencanaan struktur menggunakan material dasar FRP belum popular di Indonesia, penggunaannya masih didominasi untuk perkuatan elemen struktur. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran desain menggunakan profil hipotesis persegi berongga dengan dimensi 150.130.10 pada jembatan bentang tunggal dengan variasi panjang bentang 12, 16, 20, dan 24 meter. Metode yang digunakan mengacu pada kriteria desain AASHTO berupa defleksi, vibrasi, serta tegangan ijin komponen. Hasil kajian menunjukan dipenuhinya seluruh kriteria desain pada bentang 12 meter. Karena tidak cukupnya kekakuan jembatan pada bentang 20 dan 24 meter frekuensi fundamental vertikal masing-masing bernilai 4,33 Hz dan 3,3 Hz sehingga syarat (> 5Hz) tidak terpenuhi. Selain itu, kapasitas tekan kritis sumbu lemah  profil FRP (68,95 kN) tidak dapat menahan beban kritis pada bentang 16, 20, dan 24 meter (masing-masing: 97,91 kN; 144,39 kN; 185,36 kN). Kajian ini menunjukan bahwa respon dinamis dan pemilihan karakteristik material FRP adalah dua hal yang mungkin menjadi faktor penentu desain jembatan FRP pejalan kaki.

Biografi Penulis

  • Muhammad Iqbal, Universitas Jenderal Achmad Yani

    Jurusan Teknik Sipil

File Tambahan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Kajian Penggunaan Profil Pultruded Fiber Reinforced Polymer untuk Jembatan Pejalan Kaki. (2023). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 21(2), 191-201. https://doi.org/10.55893/jt.vol21no2.487

Artikel Serupa

21-30 dari 51

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.