STUDI KELAYAKAN BISNIS PRODUKSI & PEMASARAN CAKE DI KOTA BANDUNG (KASUS DI CV. YEYE GROUP)

Penulis

  • Andri Rachmat Kumalasian Nasution Unjani
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol18no1.95

Kata Kunci:

Studi Kelayakan Bisnis, analisis risiko, ROI, NPV, PP, PI

Abstrak

CV. Yeye group merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha kuliner produksi dan penjualan makanan cepat saji dengan membuka beberapa usaha yang antara lain mie ramen, batagor, baso, ayam bakar, dan lain-lain. Untuk mengembangkan usaha kulinernya maka perusahaan berencana untuk mengalokasikan modal yang dimilikinya untuk membuka usaha baru di bidang usaha makanan dengan jenis yang berbeda dari jenis usaha sebelumnya dengan tujuan untuk menjama konsumen yang lebih luas dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Usaha baru yang di rencanakan oleh perusahaan adalah membuat pabrik dan memasarkan kue. Untuk mengetahui besar kebutuhan modal usaha yang diperlukan untuk mendirikan bisnis, mengetahui besar potensi pasar yang dapat dikuasai dan mengetahui tingkat kelayakan usaha apabila direalisasikan maka perlu dilakukan studi kelayakan bisnis berdasarkan aspek pasar & pemasaran, aspek teknis & tekonologi, aspek organisasi & manajemen, dan aspek keuangan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis usaha berdasarkan nilai PI, PP, ROI, NPV,IRR, dan analisis risiko. Hasil analisis kelayakan menunjukan usaha ini layak untuk direalisasikan, hal tersebut salah satunya ditunjukan dengan analisa aspek keuangan yang menghasilkan nilai PI yang lebih dari 1, nilai PP yang kurang dari 3 tahun.

Referensi

Hodgetts, Richard M., Kuratko, Donald F., 2000, “Effective Small Business Management, 7th Edition”, Florida: Wiley Publishing.
Jumingan, 2009, “Studi Kelayakan Bisnis : Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan”, Jakarta : Bumi Aksara
Kasmir, S.E.,MM dan Jakfar, S.E.,MM, 2009, “Studi Kelakan Bisnis”, Edisi Kedua, Cetakan 6, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Pujawan, I Nyoman, 1995, “Ekonomi Teknik”, Surabaya : Prima Printing
Rangkuti, Freddy, 1997, “Riset Pemasaran”, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono, 2008, “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: ALFABETA

Unduhan

Diterbitkan

2019-07-15

Cara Mengutip

STUDI KELAYAKAN BISNIS PRODUKSI & PEMASARAN CAKE DI KOTA BANDUNG (KASUS DI CV. YEYE GROUP). (2019). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 18(1), 38-47. https://doi.org/10.26874/jt.vol18no1.95

Artikel Serupa

1-10 dari 102

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.