Analisa Orientasi Arah dan Fraksi Volume Serat terhadap Kekuatan Geser dan Tarik Material Komposit Berpenguat Serat Batang Pisang Abaka

Authors

  • Martijanti Martijanti Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.179

Keywords:

Orientasi arah serat, fraksi volume serat, kekuatan geser, material komposit berpenguat serat batang pisang abaka

Abstract

Material komposit merupakan suatu gabungan dua unsur, yaitu serat (fiber)dan matriks. Serat yang digunakan material komposit pada penelitian ini adalah serat yang berasal dari alam yaitu serat pisang abaka dan matriks yang digunakan epoxy.

Permasalahan pada penelitian ini difokuskan untuk mengetahui sejauh mana orientasi arah serat terhadap sifat mekanik dari material komposit. Metode yang digunakan eksperimental dengan proses Hand Lay-Up. Dengan melakukan serangkaian pengujian yang meliputi uji tarik dan uji geser, sedangkan parameter yang diambil adalah variasi dari fraksi volume serat 10Yo, 15yo dan 20yo dengan arah serat dua arah dan juga arah acak. Dari hasil data pengujian, diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi fraksi volume serat, maka kekuatan tarik dan gesernya akan semakin meningkat. Pada orientasi serat arah Random kekuatannya lebih rendah dibandingkan dengan orientasi serat dua arah karena kekuatan tidak terpusat pada dua arah melainkan seragam pada segala arah. Adanya distribusi yang tidak merata karena adanya void atau cacat sehingga keuletannya rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Martijanti Martijanti, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Mesin

References

1. Bambang Kismono Hadi, “Mekanika Struktur komposit”, Departemen Teknik Penerbangan ITB, Bandung, 1992.
2. George E. Dieter,”Metalurgi Mekanik”, Ed.III Gilid 1), Penerbit Erlangga, Jakarta, 1996.
3. Kumpulan Materi Training (Composite Tooling), Pendidikan dan Latihan Industri Pesawat Terbang Nusantara, 1997.
4. Mardjono Siswono, “Komposit dengan Matriks Polimer (Thermoset dan Thermoplastik)“,1990.
5. Rachmat Supardi. H, Drs, “ Keramik, Gelas, Komposit Suplement Pengetahuan Bahan Non Logam", Universitas Jendral Achmad Yani, Bandung, 1993.
6. Ronald F Gibson, “Principles Of Composite Material Mechanics”, Mc Graw-Hill, Inc., Nem York, 1994.

Additional Files

Published

2011-11-30

How to Cite

Martijanti, M. (2011). Analisa Orientasi Arah dan Fraksi Volume Serat terhadap Kekuatan Geser dan Tarik Material Komposit Berpenguat Serat Batang Pisang Abaka. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 10(2), 76–82. https://doi.org/10.26874/jt.vol10no2.179