Pengaruh Partikel Zeolit terhadap Laju Korosi Baja Karbon dalam Lingkungan Asam dan Basa

Authors

  • Bambang Hari Prabowo Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.279

Keywords:

Laju korosi, Destruktif, Stress, Penjerap, Benda kerja

Abstract

Korosi merupakan gejala dan proses destruktif yang terjadi pada setiap peralatan yang terbuat dari logam paduan besi maupun non besi. Logam baja yang banyak digunakan sebagai bahan konstruksi pada saat mulai diaplikasikan langsung mengalami proses korosi. Korosi merupakan proses alami yang bersinggungan dengan lingkungan dan reaksi elektrokimia. Sehingga proses dan laju korosi pada kenyataannya tidak dapat dihentikan selama bersinggungan dengan lingkungan. Metoda yang selalu dilakukan selama ini adalah mengendalikan korosi dengan cara menghambat laju korosi misalnya dengan coating, proteksi katodik, inhibitor dan lainnya.

Zeolit adalah batuan anorganik atau mineral yang merupakan senyawa alumina silikat terhidrasi, yang mempunyai kemampuan sebagai penjerap, katalis dan penukar kation. Berdasarkan kemampuan ini, kami melakukan percobaan bahwa partikel zcolit mampu sebagai inhibitor penjerap dan melakukan pertukaran kation. komponen utama struktur zeolit adalah (SiO4)-4 yang membentuk struktur 3 dimensi, sehingga muatan listrik yang dimiliki oleh kerangka zeolit baik yang dipermukaan maupun di dalam pori mampu berperan sebagai penjerap dan penukar kation.

Metoda yang digunakan cukup sederhana yaitu dengan cara perendaman benda kerja (baja karbon) selama 720 jam (30 hari) dalam lingkungan asam dan basa, dengan konsentrasi 4 M dan 2 M. Penambahan partikel zeolit ukuran 0,75 mm sebanyak 20 g/ 500 ml larutan asam/basa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bambang Hari Prabowo, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

References

Widharto, Sri. Karat dan Pencegahannya, Edisi 1: PT.Pradnya Paramita Jakarta.1999.

Trethewey, KR.dkk. KOROSI untuk mahasiswa dan rekayasawan. PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.1991.

Jones, Denny A.Principles and Prevention of CORROSION .Macmillan Publishing Company.New York.1992

Arifin, M.dkk. ZEOLIT. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral.1999.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Bambang Hari Prabowo. (2020). Pengaruh Partikel Zeolit terhadap Laju Korosi Baja Karbon dalam Lingkungan Asam dan Basa. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.279