Analisis Hubungan antara Tipologi Pengusaha Kecil dengan Pola Penggunaan Bantuan Keuangan yang Diterimanya

Authors

  • Nurhadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.280

Keywords:

Sikap mental/perilaku pengusaha, Pola penggunaan dana bantuan, Kinerja usaha

Abstract

Kemajuan usaha kecil menengah sangat dipengaruhi oleh perilaku dan sikap mental dari para pelaku usaha itu sendiri, diantaranya sikap/perilaku dalam menggunakan dana yang mereka terima. Melalui penelitian ini terungkap, karakteristik pengusaha kecil dapat diklasifikasi menjadi 3 tipologi, yaitu: Pengusaha yang 'sekedar mencari nafkah untuk hidup', Pengusaha yang 'sekedar ingin hidup lebih baik", serta Pengusaha yang 'termotivasi untuk maju/sukses dalam hidup'. Sementara itu, perilaku mereka dalam menggunakan dana bantuan yang diterimanya dapat diklasifikasi menjadi 3 (tiga) pola, yang dinamakan sebagai : Pola Pasif, Pola Aktif, serta Pola Ekspansif. Hasil penelitian mengungkapkan, terdapat hubungan yang siginifikan antara karakteristik pengusaha, pola penggunaan dana bantuan yang diterimanya, serta kinerja (kemampuan untuk berkembang) dari sistem usaha yang bersangkutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurhadi, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

Chotim, Erna Ermawati dan Juni Thamrin (Ed.). Diskusi Ahli : Pemberdayaan & Replikasi Aspek Finansial Usaha Kecil di Indonesia, Yayasan AKATIGA, Bandung, 1997.

Clapham, Ronald. Pengusaha Kecil dan Menengah di Asia Tenggara Terjemahan Masri Maris. LP3ES, Jakarta, 1991.

Hodgetts, Richard M. and Donald F. Kuratko. Effective Small Business Management, 5" ed, The Dryden Press, Fort Worth, 1995.

Marbun, B.N. Manajemen Usaha Kecil. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1996.

Sjaifudian, Hetifah et al. Strategi dan Agenda Pengembangan Usaha Kecil, Yayasan AKATIGA, Bandung, 1995.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Nurhadi. (2020). Analisis Hubungan antara Tipologi Pengusaha Kecil dengan Pola Penggunaan Bantuan Keuangan yang Diterimanya. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.26874/jt.vol7no1.280