Studi Komparasi Analisis Inelastis Dinamik Riwayat Waktu dan Statik Pushover Terhadap Kinerja Struktur

Authors

  • Yudi Herdiansah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Prima Sukma Yuana Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol11no2.185

Keywords:

Pushover, riwayat waktu, gempa, level kinerja, perencanaan, evaluasi perilaku seismik

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi gempa aktif karena sebagian besar wilayahnya merupakan letak pertemuan lempeng tektonik. Oleh karena itu, perencanaan bangunan di Indonesia harus dibuat sedemikian rupa sehingga struktur tahan terhadap gempa. Tren terbaru perencanaan bangunan tahan gempa adalah perencanaan berbasis kinerja. Analisis yang digunakan adalah analisis dinamik riwayat waktu yang kemudian dibandingkan dengan analisis statik pushover. Analisis dinamik riwayat waktu menggunakan empat percepatan gempa yaitu Gempa El-Centro, Northridge, Kobe, dan Chi-chi yang kemudian respon spektrumnya disesuaikan dengan respon spektrum SNI 03-1726-2003. Parameter yang dihasilkan dari analisis ini adalah perpindahan maksimum. Hasil analisis menunjukkan besarnya perpindahan maksimum yang dihasilkan oleh analisis time history secara umum tidak melebihi target perpindahan dari analisis pushover, hanya ada penyimpangan pada struktur SRPMM dengan percepatan Gempa Northridge dimana perpindahan yang dihasilkan melebihi target perpindahan maksimum dari analisis pushover. Level kinerja struktur yang dihasilkan keduanya berada diantara IO-LS. Sesuai dengan level kineri» vang dihasilkan, analisis statik pushover cukup rasional dan dapat diandalka†tuk evaluasi perilaku seismik dan dapat menggantikan analisis dinamik nonlinier riwayat waktu dalam perencanaan berbasis kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yudi Herdiansah, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

Prima Sukma Yuana, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Sipil

References

1. Ali, D. Verifikasi Strong Metodologi. http:/Awww.lontar.ui.ac.id (4 Januari 2012)

2. Dewobroto, W. Evaluasi Kinerja Struktur Baja Tahan Gempa dengan Analisa Pushover. http://sipil-uph.tripod.com. (4 Desember 2011)

3. Dh3too-kv. Perlunya Beban Gempa Dalam Suatu Struktur. http://dh3too-kv.blogspot.com. (4 Januari 2012)

4. Ginsar, I.M dan Lumantara, B. (TT). Seismic Performance Evaluation Of Building With Pushover Analysis. http://fportfolio.petra.ac.id. (4 Januari 2012)

5. Wibowo., Purwanto, E., Yanto, D. Menentukan Level Kinerja Struktur Beton Bertulang Pasca Gempa. Media Teknik Sipil, X (1),49 - 54. (2010)

Additional Files

Published

2012-10-31

How to Cite

Herdiansah, Y., & Yuana, P. S. (2012). Studi Komparasi Analisis Inelastis Dinamik Riwayat Waktu dan Statik Pushover Terhadap Kinerja Struktur. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 11(2), 1–11. https://doi.org/10.26874/jt.vol11no2.185