Peningkatan Kualitas Bahan Cylinder Liner Produk Lokal pada Sepeda Motor Empat Langkah Melalui Proses Nitriding

Authors

  • Adi Ganda Putra Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Toto Triantoro Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Maman Suparman PT. Depriwangga Engineering

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol16no2.42

Keywords:

Besi cor kelabu, cylinder liner, Nitriding, Kekerasan, Lapisan Nitrida, Liquid Nitriding

Abstract

Cylinder liner merupakan komponen penting dari suatu mesin kendaraan bermotor, di mana komponen tersebut akan menentukan besarnya volume silinder dan unjuk kerja.  Komposisi kimia material cylinder liner lokal, original dan spesial kompetisi (racing), mengacu berdasarkan standar ASTM A.159 yaitu spesifikasi standar untuk aplikasi besi cor kelabu pada automotif, tergolong grade 2500.

Proses pengerasan permukaaan liquid nitriding pada permukaan material dasar komponen cylinder liner ini pada prinsipnya adalah dengan teknik yang sederhana yaitu dengan mencelupkan substrat ke dalam lelehan garam cair pada temperatur  580oC dengan variasi waktu selama 3 dan  9.

Lapisan nitrida dengan waktu proses liquid nitriding 3 jam menghasilkan kekerasan permukaan sebesar 825 VHN, sedangkan waktu proses 9 menghasilkan kekerasan permukaan sebesar 733 VHN. Ketebalan optimum lapisan nitrida diperoleh dari hasil proses liquid nitriding dengan waktu 9 jam yaitu rata-rata 77 μm atau 0,077 mm (pengukuran berdasarkan struktur) atau sebesar 60 μm atau 0,06 mm (pengukuran berdasarkan DIN 50 190-3).

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASTM International A159-83, “Standard Specification for Automotive Gray Iron Castings”, United States, 2001.
ASTM International A247-67, “Standar Test Method for Evaluating the Microstructure of Graphite in Iron Castings”, United States, 1998.
ASM International Handbook, Vol 1, ”Properties and Selection: Irons, Steels, and High-Performance Alloys”, United States, 1993.
ASM International, ”Surface Hardening of Steels”, Process Selection Guide, United States, 2002.
Butterworth Heinemann, ”Foseco Ferrous Foundryman’s Handbook”, John R. Brown, Printed India, 2000.
Hiroshi Yamagata, “The science and technology of materials in automotive engines” Woodhead Publishing, Cambridge England, 2005.
ISIJ International, Vol 46 “Nitriding of Interstitial Free Steel in Potassium–Nitrate Salt Bath”, Yin Zhong SHEN, Korea, 2006.
Properties Of Nitrided Componen, “A Result Of Material and The Nitriding Proses”, Rainer Lappanen Ovaco Steel, 1999.
Tubal Cain, “Hardening Tempering and Heat Treatment”, Argus Books, Wheatons Ltd Exxeter, 1984.
Uzaldin S, ”Cylinder Liner Wear Comparison Between Inline, Ofset And Twin Crankshaft internal Combustion Engines”, Sudan University , 2006.
WD Callister, “Materials Science and Engineering - An Introduction”, John Wiley & Sons, Inc, New York, 2007.
www.aimt-group.com
www.deckindia.co
www.wiseco.com

Published

2018-03-03

How to Cite

Putra, A. G., Triantoro, T., & Suparman, M. (2018). Peningkatan Kualitas Bahan Cylinder Liner Produk Lokal pada Sepeda Motor Empat Langkah Melalui Proses Nitriding. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 16(2), 29–35. https://doi.org/10.26874/jt.vol16no2.42