Penentuan Tinggi Gelombang Desain untuk Perencanaan Rubble-Mound Breakwater Pelabuhan Belawan

  • Chairunnisa Chairunnisa Unjani
  • Siti Nur Atiah
  • Rizki Wahyuni

Abstract

Pelabuhan Belawan terletak di Kota Medan Provinsi Sumetera Utara. Pelabuhan Belawan merupakan salah satu pelabuhan yang memiliki peranan penting, karena letaknya yang berada di Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Thailand, dan Pulau Sumatera Indonesia. Alur pelayaran Pelabuhan Belawan mengalami sedimentasi yang cukup signifikan setiap tahunnya, yang berasal dari sedimen litoral. Solusi teknis yang disarankan untuk mencegah sedimentasi tersebut adalah bangunan pemecah gelombang atau breakwater di kedua sisi alur pelayaran, jenis rubble-mount.


Dalam desain rubble-mount breakwater, hal yang sangat penting adalah menentukan tinggi gelombang desain yang tepat sebagai input perhitungan berat armor yang akan digunakan. Tinggi gelombang desain merupakan tinggi gelombang periode ulang tertentu di lokasi struktur, yang mana gelombang tersebut telah mengalami transformasi selama perambatannya dari laut dalam. Data gelombang yang digunakan adalah periode dan tinggi gelombang yang merupakan hasil proses hindcasting data angina jam-jaman selama 10 tahun. Selanjutnya dilakukan analisis gelombang ekstrim yang hasilnya berupa tinggi gelombang berbagai periode ulang untuk setiap arah, dimana tinggi gelombang periode ulang 100 tahun akan dimodelkan transformasinya menggunakan software 2D. Berdasarkan hasil pemodelan transformasi gelombang ini, maka didapatkan tinggi gelombang desain untuk perencanaan rubble-mount breakwater Pelabuhan Belawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Goncalves, M.; Rusu, E.; Soares, C.G. (2011). Evaluation of The Wave Models SWAN and STWAVE in Shallow Water Using Nested Schemes. 1st International Conference on Maritime Technology and Engineering (pp. 481-485). Lisbon: Taylor & Francis Group.
Kramadibrata, S. (2002). Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Penerbit ITB.
Maa, J.P.Y.; Hsu, T.W.; Tsai, C.H.; Juang, W.J. (2000). Comparison of Wave Refraction and Difraction Model. Journal of Coastal Research, 1073-1082.
Triatmodjo, B. (1999). Teknik Pantai. Yogyakarta: Beta Offset.
Published
2019-07-15
How to Cite
CHAIRUNNISA, Chairunnisa; ATIAH, Siti Nur; WAHYUNI, Rizki. Penentuan Tinggi Gelombang Desain untuk Perencanaan Rubble-Mound Breakwater Pelabuhan Belawan. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 08-16, july 2019. ISSN 2580-2615. Available at: <http://jurnalteknik.unjani.ac.id/index.php/jt/article/view/97>. Date accessed: 15 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.26874/jt.vol18no1.97.