Perancangan Alat Ukur Anthropometri Dinamis Manual untuk Mengukur Gerakan Sendi Leher dan Pergelangan Tangan

Authors

  • Gianty Puspawardhani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Deris V Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol6no2.269

Keywords:

Ergonomi, Anthropometri Dinamis, Alat Ukur Anthropometri Dinamis

Abstract

Anthropometri adalah bagian dari ergonomi yang mempelajari dimensi tubuh manusia. Dalam perkembangannya saat ini, Anthropometri masih kesulitan dalam melakukan proses pengukuran terutama untuk mengukur gerakan tubuh manusia (Anthropometri Dinamis), yang disebabkan oleh keterbatasan alat ukur yang ada.

Software Motion Capture merupakan salah satu alat ukur Anthropometri Dinamis terlengkap yang penulis ketahui sampai saat ini. Tapi karena harganya yang mahal yaitu & Rp. 1 Milyar (Karya Agung - Technical Supplier and Education Supporter, tahun 2006) maka tidak setiap Universitas dapat memilikinya. Sedangkan alternatif lain yaitu dengan menggunakan alat ukur Anthropometri Dinamis secara manual pun yang ada saat ini masih terbatas hanya dapat mengukur 2 variabel Anthropometri Dinamis dari 21 Variabel. Berdasarkan kondisi diatas maka diperlukan perancangan alat ukur Anthropometri Dinamis manual sebagai alternatif lain.

Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan didapatkan karakteristik alat ukur anthropometri dinamis yang diinginkan yaitu yang valid, handal, multifungsi, aman, nyaman, mudah digunakan, tahan lama, portable serta harganya murah. Dan karena keterbatasan waktu dan keterbatasan pengetahuan penulis, maka alat ukur yang dirancang dalam penelitian ini hanya dapat mengukur 6 variabel Anthropometri Dinamis yang dikelompokan pada sendi leher sebanyak 3 variabel dan pergelangan tangan sebanyak 3 variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gianty Puspawardhani, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

Deris V, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

Ulrich, Karl T. and Steven D. Eppinger, Perancangan dan Pengembangan Produk, Fourth Edition, McGraw-Hill Inc, New York 1987, Penerbit Salemba Teknika, 2001.

Woodson, Wesley E., Human Factors Design Handbook, McGraw-Hill Book company,1981.

Niebel, Benjamin, and Andris Freivalds, Methods Standars and Work Design. Tenth Edition, McGraw-Hill International Editions, 1999.

Barnes, Ralph M., Motion and Time Study: Design and Measuement of Work. Seventh Edition, New York: John Wiley and Sons, 1980.

Sutalaksana, Iftikar Z., Anggawisastra, Ruhana , Tjakraatmadja, John H., Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 1979.

Nurmianto, Eko, Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2004.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Gianty Puspawardhani, & Deris V. (2020). Perancangan Alat Ukur Anthropometri Dinamis Manual untuk Mengukur Gerakan Sendi Leher dan Pergelangan Tangan. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 6(2), 499–512. https://doi.org/10.26874/jt.vol6no2.269