Perancangan Produk Mesin Mixer Plastik Dengan Metode Rasional (studi Kasus Di Stasiun Kerja Extruder Pt. Prima Gracindo Velcro)

Authors

  • Zaenal Muttaqien Universitas Jenderal Achmad Yani
  • M Gunadi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol10no1.178

Keywords:

Perancangan produk, Metode rasional, Perancangan parametik

Abstract

  1. Prima Gracindo Velcro yang bergerak dalam industri lembaran/film kantong plastik selama kurang lebih 2 tahun, berusaha untuk meningkatkan kualitas yang dihasilkan agar mampu bersaing dengan perusahaan pembuat kantong plastik lainnya. Karena konsumen/pengguna akan memutuskan untuk membeli suatu produk dari perusahaan tertentu yang lebih berkualitas dari pada saingannya (Purnomo, 2004).

Saat ini pihak perusahaan mengalami permasalahan dimana banyak terjadi kualitas anfal/cacat lembaran plastik dengan warna yang tidak homogen, hal ini disebabkan karena proses pengadukan dan pencampuran bahan baku secara manual yang saat ini dilakukan menghasilkan campuran bahan yang kurang merata. Kurang meratanya campuran bahan mengakibatkan komposisi bahan dalam campuran menjadi tidak proporsional sehingga pada saat di panaskan dan ditiup di mesin extruder menjadi tidak sempurna.

Untuk itu permasalahan utama dalam penelitian tugas akhir ini adalah bagaimana merancang dan membuat mesin mixer plastik yang mampu mengaduk dan mencampur bahan baku agar campuran bahan lebih merata, yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan mempunyai kapasitas produksi 200 kg/10 menit. Sehingga kualitas anfal lembaran plastik yang mempunyai warna yang tidak homogen dapat dikurangi/dihilangkan.

Metode yang digunakan adalah metode rasional, dalam tahapan perancangan secara umum. Hasil dari penelitian ini adalah produk mesin mixer plastik yang diperoleh dari tahap perancangan, pembuatan dan pengujian. Dari hasil pengujian kapasitas produksi yang di dapat adalah dengan motor 2 Hp, Bahan HD : bahan murni + aditif ±100 kg dan Bahan PE : bahan murni + aditif ±115 kg dengan kualitas campuran bahan yang lebih merata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zaenal Muttaqien, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

M Gunadi, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

1. Adrian, Rian, Industri Tapioka Menggunakan Mechanical Design Process Terintegrasi, Skripsi Teknik Mesin Itenas, Bandung, 2006.
2. Amstead, Ostwald, Begeman, Djaprie, Teknologi Mekanik, Erlangga, Jakarta, 1991.
3. Arisandi, Adhie, Rencana Peningkatan Kualitas Proses Produksi Tali Plastik Dengan Six Sigma, Skripsi STT Musi, Palembang, 2004.
4. Astuti, Budi, Handout Matakuliah Ergonomi, Unjani, Bandung, 2001.
5. Chaffin, Don B., Andersson, Gunnar B.J., Occupational Biomechanics 2" edition, John Willey and Sons, Inc., New York, 1991.
6. Cross, Nigel, Engineering Design Methods — Strategis for Product Design, John Wiley and Sons (SEA), England, 1994.
7. DEPDIKBUD, Direktorat Perguruan Tinggi Swasta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Draft Buku Perencanaan dan Perancangan Produk, Bogor, 1997.
8. Groover, Mikell P., Automation, Production Systems, and C omputer Integrated Manufacturing, Second edition, Prentice hall, New jersey, 2001.
9. Handriyani, Harlina, Usulan perancangan alat pengering briket batu bara, Skripsi Teknik Industri Unjani, Bandung 2006.
10. Hery, Sonawan, Modul Elemen Mesin, Teknik Mesin Unpas Bandung, 2003.
11. Meriam, J. L., Kraige, L. G., Mekanika Teknik Statika, Erlangga, Jakarta, 1988.
12. Nurmianto, Eko, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, edisi kedua, Penerbit Guna Widya, Surabaya, 2004
13. Panero, Julius, AIA, ASID, Dimensi Manusia dan Ruang Interior, Erlangga, 2003.
14. Pulat., Babur Mustafa., David C Alexander., Industrial Ergonomics, Mc Graw — Hill, Inc India, 1982.
15. Purnomo, Hari, Pengantar Teknik Industri, Jilid Kedua, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.
16. Samadhi, Ari, Handout Matakuliah Metodologi Penelitian Tugas Akhir, Unjani, Bandung, 2001.
17. Setiaman, Angga, Perancangan Ulang Stasiun Kerja Bending, Skripsi Teknik Industri Unjani, Bandung, 2007.
18. Sularso, Kiyokatsu Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Penerbit PT. Pradnya Paramita, Jakarta, 1991.
19. Sutalaksana, Iftikar, Anggawisastra, Tjakraatmaja, Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri ITB, Bandung, 1979.
20. Tjiptono, Diana, Total Ouality Management, Edisi revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007.
21. Ulrich Karl T., Eppinger Steven D., Perancangan dan Pengembangan Produk, 4" edition, McGraw-Hill Inc, New York, Penerbit Salemba Teknika, 2001.

Additional Files

Published

2011-04-30

How to Cite

Muttaqien, Z., & Gunadi, M. (2011). Perancangan Produk Mesin Mixer Plastik Dengan Metode Rasional (studi Kasus Di Stasiun Kerja Extruder Pt. Prima Gracindo Velcro). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 10(1), 57–75. https://doi.org/10.26874/jt.vol10no1.178