Perancangan Sistem Informasi dengan Pendekatan Enterprise Resource Planning (ERP) Sebagai Pendukung Keputusan Pada Penilaian Kinerja Pegawai Berbasis Kompetensi

Authors

  • Zaenal Mutaqien Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol11no2.187

Keywords:

Enterprise Resource Planning, Data Base, Gap

Abstract

Divisi Regional III (DIVRE III) PT. TELKOM merupakan perusahaan yang mempunyai misi menjamin semua pelanggannya memperoleh layanan terbaik dalam bentuk kemudahan, kualitas produk maupun jaringan disertai harga yang kompetitif. Maka peranan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting. SDM yang terkait harus memiliki kompetensi kinerja yang tinggi agar mampu menyesuaikan

dengan misi yang ada pada Divre III.

Kompetensi pegawai dapat disesuaikan dengan kondisi kerjanya, dengan memberikan penilaian yang dilakukan oleh atasan, rekan sejawat dan bawahan (penilaian kompetensi dengan 360). Setelah melakukan penilaian maka, manager dapat melakukan tindakan pengambilan keputusan berupa pelatihan. Agar dapat secara produktif dan profesional dalam melaksanakan tugas/pekerjaan yang sedang dijabatnya, sehingga dibutuhkan sistem informasi yang dapat digunakan secara efektif dan efisien karena terdapat beberapa elemen/fungsi bisnis yang harus terintegrasi secara praktis/efisien.

Pada penelitian ini digunakan metode Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai konsep yang dapat mengintegrasikan beberapa elemen yang terdapat dalam suatu sistem ke dalam sebuah data base tunggal yang dalam hal ini peneliti akan mengimplementasikannya pada bidang jasa telekomunikasi khusus untuk melakukan penilaian kompetensi sumber daya manusia dengan studi kasus di Unit Kerja SDM Divisi Regional III PT. Telkom.

Adapun output penelitian ini menghasilkan rancangan sistem informasi yang terintegrasi pada sistem kajian yaitu unit SDM DIVRE III PT.Telkom untuk sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS) pada penilaian kinerja pegawai dengan basis kompetensi yang pada akhirnya dinyatakan dalam ukuran nilai Gap dengan pengklasifikasian sebagai berikut :

» Mutasi dengan nilai Gap «-1,2

- Bertahan dengannilai -1,2 «- Gap «-0,4

- Training| dengannilai -0,4 «- Gap « t0,4

- Training Il dengan nilai t0,4 «- Gap « 1,2. Artinya, tahap ini dilakukan untuk penyempurnaan kompetensi.

- Dipromosikan dengan nilai 'Gap ?- #1,2 K1. Artinya pegawai memperoleh kesempatan untuk dipromosikan agar dapat memperoleh kenaikkan pangkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zaenal Mutaqien, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Industri

References

1. Anthony, R.N., Planning and Control Palnning Systems: A Freamework for Analysis, Cambridge, MA: Harvard Bussines School Press (1995), dikutip oleh: Laudon, Kenneth C & Laudon, Jane P., Sistem informasi manajemen mengelola perusahaan digital, New York., diterjemahkan oleh Erwin Philipus, Edisi 1, 2005.
2. Direktorat SDM dan Bisnis Pendukung PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. Competency Directory (2"“Edition), Bandung, 2003
3. Hartono, Jogiyanto. Analisis & disain sistem informasi Pendekatan Terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 1999.
4. Knoch, Yudhistira Marcel Harry., Tugas Akhir Analisis Perencanaan Sistem ERP Dengan Software ERP Open Source, ITENAS 2006.
5. Nugroho, Adi. Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek, Edisi Revisi, Penerbit Informatika, 2005.
6. O'Leary, E Daniel., Enterprise Resources Planning Systems, Cambridge University Press, 2000.
7. Petroutsos, Evangelos. Menguasai Pemrograman Database dengan Visual Basic 6, Buku 1, April 2002.
8. Pramarta, I Made Wira., Tugas Akhir: Perancangan Sistem keuangan Waralaba Baru Dengan Mengimplementasikan Sistem Perangkat Lunak ERP, ITB 2005.
9. Setiyaningrum, Ari. Kesuksesan Organisasi Melalui Penlaian Kinerja 360 feedback, USAHAWAN NO.08, 2004.
10. Sinatra, Hadi Susanto. Tugas Akhir: Aplikasi ERP di Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen PETRA Surabaya, Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen PETRA, Surabaya, 2004.
11. Siswanto, Joko & Evward. Jurnal TMI: Penyusunan jalur Karir Jabatan Berbasis Kompetensi, Desember 2001.
12. Raharso, Sri. Competence-Based Organisation: Penyelenggaraan Antara Kompetensi Individu dengan Core Competence Organisasi, USAHAWAN NO.10, 2004.
13. Zwell, Michael, 2000. Creating a culture of competence, New tork: John Wiley & Sons, Inc, dikutip oleh Sri Raharso,Competence-Based Organisation: Penyelenggaraan antara Kompetensi Individu dengan Core Competence Organisasi.
14. Ginting, Eka Danta Jaya. Hubungan persepsi terhadap program pengembangan karir.
Downloadwww.google.com.http://library.usu.ac.id

Additional Files

Published

2012-10-31

How to Cite

Mutaqien, Z. (2012). Perancangan Sistem Informasi dengan Pendekatan Enterprise Resource Planning (ERP) Sebagai Pendukung Keputusan Pada Penilaian Kinerja Pegawai Berbasis Kompetensi. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 11(2), 19–33. https://doi.org/10.26874/jt.vol11no2.187