Analisa Kerusakan pada Turbine Bucket yang Terbuat dari Material Mickel Base Alloy Mar-M-246

Authors

  • Yayan Herdayana Sulung T Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol6no2.273

Keywords:

Superalloys, Nickel base alloy, Analisa kegagalan, Turbine bucket

Abstract

Dari hasil pemeriksaan metalurgis terhadap turbine bucket nomor 120 dari stage 1 terlihat bahwa benda tersebut telah mengalami oksidasi dan hot corrosion, selain itu bucket tersebut telah mengalami deformasi / distorsi yang memperlihatkan indikasi adanya fenomena creep. Pemeriksaan dengan EDAX memperlihatkan bahwa material bucket adalah MAR-M-246, Cast Nickel Base Superalloys.

Pemeriksaan dengan EDAX menunjukkan bahwa bucket telah mengalami perbaikan dua kali dengan menggunakan coating masing-masing AlNi, ZrO dan adanya indikasi coating dengan menggunakan PtAI,. Pemeriksaan metalografis memperlihatkan adanya fasa sigma (CrCo) berbentuk plate / jarum, yang sangat getas dengan indikasi adanya peningkatan nilai kekerasan.

Telah terjadi kerusakan coating yang mengakibatkan teroksidasinya karbida / dan terjadi reaksi sulfida masing-masing pada batas butir yang menyebabkan timbulnya micro-crack. Hal ini menunjukkan bahwa turbine bucket telah terekspose panas dengan temperatur sekitar 570-1093 C.

Akibat mekanisme kerusakan yang terjadi, maka turbine bucket tersebut memiliki kehandalan yang sangat rendah. Untuk mengembalikan pada kondisi semula perlu dilakukan reparasi dengan welding (rebuilding) yang dilanjutkan dengan proses heat treatment untuk menurunkan tegangan sisa hasil welding sekaligus mengembalikan sifat mekanik kepada kondisi semula sesuai disain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sim, C.T, and Hogel, W.C, “The Superalloysâ€, general electric company, John Wiley & Sons Publisher, New York, 1971

Sim, C.T, and Stoloff, N.S, and Hagel, W.C. “Superalloys IIâ€, high temperature materials for aerospace and Industrial power, John Wiley & Sons Publisher, New York, 1987.

Donachie, M. J and Donachie, S. J. “Superalloys a technical guideâ€2ed, ASM International, 2002.

Voort, G. F V, “Materials Science and engineering series (Metallography: Principle and Practice)â€, Mc Graw-Hill, 1984.

Additional Files

Published

2020-09-01

How to Cite

Yayan Herdayana Sulung T. (2020). Analisa Kerusakan pada Turbine Bucket yang Terbuat dari Material Mickel Base Alloy Mar-M-246. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 6(2), 533–544. https://doi.org/10.26874/jt.vol6no2.273