Analisis Kerusakan Inlet Duct Untuk Turbin Pembangkit Listrik Akibat Retak Las Melintang (transverse Weld Crack)

Failure Analysis Report

Authors

  • Pradoto Ambardi Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol11no1.328

Keywords:

Inlet duct, transverse weld crack, karbon ekivalen, parameter retak

Abstract

Pelat casing inlet duct banyak sekali mengalami retak transversal yang memotongg logam las sampai ke base-metal. Panjang retakan bervariasi hingga beberapa puluh sentimeter. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan bagi kontruksi tersebut.

Hasil pemeriksaan komposisi kimia dan perhitungan nilai karbon ekivalen (CE= 0,4) menunjukkan bahwa material pelat inlet duct memiliki mampu las yang baik, sedagkan nilai parameter retak (Pc) adalah 0,383 menunjukkan kerentanan terhadap retakan jika pengelasan dilakukan dalam lingkungan yang banyak mengandung uap air.

Adanya produk korosi yang didominasi oleh FeO pada dinding bagian dalam pelat inlet duct menunjukkan temperatur pada daerah tersebut sangat tinggi (lebih besar dari 500oC). Tingginya temperatur pada dinding tersebut menyebabkan hidrogen akan lebih cepat berdifusi sehingga dapat memicu terjadinya retakan. Selain itu, kekerasan logam las (222 —229 VHN) yang lebih tinggi dari base-metal (143,5 VHN), porositas yang terbentuk akibat pengelasan, dan inklusi non-metalik menyebabkan retak transversal akan lebih mudah menjalar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pradoto Ambardi, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Metalurgi

References

Annual Book of ASTM Standards., “Steel Plate, Sheet, Strip, and Wire, Metallic Coated Products Fences, Part 3â€., American Society for Testing and Materials., Philadelphia., PA. 1981,1982.

Kenneth Easterling., "Introduction to Physical Metallurgy of Weldingâ€., Butterworths

Robert D. Stout, Ph.D. & W. D'orville Doty, Ph.D. “ Weldability of Steelsâ€., Welding Research Council., 1971

Hery Sonawan & Rochim Suratman., “Pengantar Untuk Memahami Proses Pengelasan Logamâ€., Alfabeta., 2003.

Harsono Wiryosumarto, Prof. Dr. Ir. & Toshie Okumura. Prof. Dr. “Teknologi Pengelasan Logam†., Edisi ke-3., Pradnya Paramita., Jakarta., 1985

Additional Files

Published

2020-09-16

How to Cite

Pradoto Ambardi. (2020). Analisis Kerusakan Inlet Duct Untuk Turbin Pembangkit Listrik Akibat Retak Las Melintang (transverse Weld Crack): Failure Analysis Report. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 11(1), 22–32. https://doi.org/10.26874/jt.vol11no1.328