Isolasi Enzim Bromelin dari Buah Nanas dan Aplikasinya pada Pembuatan Kecap Berbahan Baku Keong Mas

Authors

  • Febrianto Adi Nugroho Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.26874/jt.vol8no2.311

Keywords:

Bromelin, kecap, keong mas

Abstract

Bromelin merupakan enzim proteolitik yang berasal dari buah nanas (Ananas comosus dan Ananas bracteatus). Sebagai enzim proteolitik, bromelin mampu memecah molekul-molekul protein menjadi bentuk asam amino. Pada penelitian ini enzim bromelin digunakan dalam pembuatan kecap dari keong mas sebagai katalis. Pembuatan kecap dari keong mas tersebut bertujuan untuk memanfaatkan kandungan protein yang terdapat pada keong mas. Diharapkan masyarakat khususnya petani akan mendapatkan manfaat dan nilai tambah dari pengolahan tersebut dengan mengusahakan

kecap keong mas sebagai penghasilan sampingan. Variabel yang dipelajari pada penelitian ini adalah perbandingan penggunaan komposisi antara bonggol nanas dengan keong mas pada perbandingan 1: 1 (A), 1: 2 (B), dan 1 : 3 (C) serta waktu proses hidrolisa enzimatis terhadap keong mas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa kecap yang paling disukai adalah kecap yang dibuat dengan perbandingan 1 : 2 dengan lama proses pembuatan 3 hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Febrianto Adi Nugroho, Universitas Jenderal Achmad Yani

Teknik Kimia

References

Lehninger, Albert L., 1970,Biocemistry : The Molecular Basic of Cell Structure and Function, Isted., Worth Publisher, Inc., New York, N. Y. 10011.

Mahler H.R. & E.H. Cordes, 1966, Biological Chemistrv, Harper and Row Publishers, New York.

Wirahadikusumah, Muhamad., 1989. Biokimia : Protein, Enzim, dan Asam Nukleat. : ITB., Bandung.

Purnomo, Agus H., 1985., Penelitian Pembuatan Kecap Ikan Secara Hidrolisa Enzimatis., Pusat Penelitian dan Pengembangan., Jakarta.

Darwis, A Azis dan Sakara E., 1990. Isolasi, Pemurnian dan karakteristik Enzim. IPB., Bogor.

â€6. Lehninger, Albert L. 1993. Dasar-dasar Biokimia, Alih Bahasa Meggy Thenawijaya. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Indrawati, T., 1983. Pembuatan Kecap Keong Sawah dengan Menggunakan Enzim Bromelin., PN. Balai Pustaka, Jakarta.

Poesponegoro. Milono.1977. Pengaruh Faktor-faktor Tertentu Dalam Proses Pembuatan Kecap Secara Fermentasi. Lembaga Kimia Nasional. Jakarta.

Sastrodiwiryo., 1971. Isolasi dan Pengujian Aktivitas Enzim, PAU Pangan dan Gizi, UGM. Yogyakarta.

Soekarto, T.S., 1985. Penilaian Organoliptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian, Bharata. Jakarta.

Hartimah, Sri dan Wardana Ismail., 1989. Penelitian Pendahuluan Budidaya Keong Mas. Balai Penelitian Perikanan Air Tawar, Bogor.

Departemen Perindustrian., 1974. Mutu dan Cara Uji Kecap, Standar Industri Indonesia. Departemen Perindustrian. Jakarta.

Additional Files

Published

2020-09-16

How to Cite

Febrianto Adi Nugroho. (2020). Isolasi Enzim Bromelin dari Buah Nanas dan Aplikasinya pada Pembuatan Kecap Berbahan Baku Keong Mas. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 8(2), 56–65. https://doi.org/10.26874/jt.vol8no2.311